Strategi UMKM Simpang Karya Dalam Meningkatkan Pendapatan Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Rinta Okta Sari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Elyanti Rosmanidar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nufitri Martaliah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Habriyanto Habriyanto Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v2i2.2484

Keywords:

Strategy, Income, Covid-19

Abstract

After the Covid-19 pandemic, there is still a big impact on the continuity of UMKM (Micro, Small and Medium Enterprises) businesse Simpang Karya UMKM owners admitted that they had experienced the negative impact of Covid-19 on their business processes, including experiencing a significant decline in sales. This research aims to find out what strategies and what obstacles are faced by Simpang Karya UMKM in increasing income after the Covid-19 pandemic. This research uses a qualitative approach. The data sources used are primary and secondary data sources. Meanwhile, the data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. The research results show that in terms of strategy, Simpang Karya UMKM have implemented the Marketing Mix concept, namely product, price, promotion and place. Simpang Karya UMKM in running their business also implement sharia marketing strategies. The characteristics of sharia marketing are rabbaniyah, akhlaqiah, al-waqiyah, and insaniyah.

References

Buku

AA.Anwar Prabu Mangkunegara, Perilaku konsumen,(Bandung: PT Refika Aditama, 2012)

Ahmad Ifham Sholihin, Buku Pintar Ekonomi Syariah, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010)

Ali Moertopo, Strategi Kebudayaan, (Jakarta: PT. Yayasan Proklamasi CSIS, Tt)

Amirullah dan Sri Budi Cantika, Managemen Strategi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2000)

Aris Ariyanto dkk, Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pendemi, (Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021)

Bukhari Alma Dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah, Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah Dalam Bisnis Kontemporer, (Bandung : Alfabeta 2013 )

Didin Hafidhuddin, Manajemen Syariah Dalam Praktik, (Jakarta: Gema Insani, 2003)

Dindin Abdurohim, Strategi Pengambangan Kelembagaan UMKM, (Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2020)

Fandy Tjiptono, dkk, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: CV, Andi Offset,2008)

Hery dan Widyawati Lekok, Akuntansi Keuangan Menengah. (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Kasmir, Kewairausahaan, Cet 12 (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)

M. Azrul Tanjung, Koperasi dan UMKM sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia (Jakarta: Erlangga, 2017)

Moh Karim, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif, (Yogyakarta UIN Malik Press, 2010)

Muhammad Syafi’I Antonio, Bank Syariah Dari Teori ke Praktik, (Jakarta: Gema Insani, 2011)

Nurahmi Hayati, Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi, (Pekanbaru: Suska Press, 2012)

Putu Krisna Adwitya Sanjaya, I Putu Nuratama, Tata Kelola Manajeman dan Keuangan UMKM, (Gowa:CV. Cahaya Bintang Cermelang, 2021)

R. Soediro Mangundjojo, Sosial Ekonomi Masyarakat, (Jakarta: Direktor Jendral, 1999)

Rahmadi, Pengantar Metodologi Penelitian, (Banjarmasin:Antasari Press, 2011)

Reksoprayitno, Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi, (Jakarta: Bina Grafika, 2004)

Sayuti Una, Pedoman Penulisan Skripsi, Fakultas Syariah Iain STS Jambi, 2020

Seokartawi, Faktor-Faktor Produksi (Jakarta: Salemba Empat, 2002)

Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Sudarman Toweulu, Ekonomi Indonesia, (Jakarta: Raja Grafindo, 2001)

Sudaryanto, The Need for ICT Education for Manager or Agribusinessman Increasing Farm Income: Study of Factor Influences On Computer Adoption In East Java Farm

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.

Viithzal Rivai, Islamic Transaction law in business (Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Wahyu Indra Sakti Saidi, Smaill Medium Enterprensip Sharia (Jakarta: Tri Sakti Universiti, 2011)

Jurnal/Skripsi

Dewi Jayanti Mandasari, Joko Widodo,Sutrisno Djaja,” Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 2019

Hermi Sularsih dan Akhmad Nasir,” Strategi UMKM dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemi Covid-19 guna mempertahankan kelangsungan usaha di era revolusi industri 4.0 (studi pada UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Pasuruan)”, Jurnal Paradigma Ekonomika Vol.16. No.4,2021

Muhammad Fitrah Mahaini, M. Rizky Fadhilah dan Altia Paradila Sapari, “Optimalisasi Strategi Kinerja UMKM Pasca Pandemi dengan Pemanfaatan Media Informasi Pencatatan Keuangan”, Jurnal Akuntansi Vol 14, No 1, Mei 2022

Nike Dhea Aprina Wahani , Endang Wuryandini dan Aryan Eka Prastya Nugraha, “Strategi Peningkatan Pendapatan Pedagang UMKM Pasca Masa Endemik Covid-19”, Jurnal Spirit Edukasia Vol 03, No. 01, Juni 2023

Nikmatus Sholicha, Renny Oktafia, “Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Umkm Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto “,Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 2021

Pilar Satiti, Skripsi:”Pengaruh Pendapatan dan Peran Aparat Kelurahan Terhadap Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Semanggi RW VIII Pasar Kliwon” (Surkarta: UMS, 2013),

Sam Cay dan Jeni Irnawati, “Strategi Pemasaran E-commerce Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UMKM di Kota Tangerang Selatan)”, Jurnal Mandiri Vol. 4, No. 2, Desember 2020

Downloads

Published

2024-01-14