SOSIALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA PEMANCINGAN DENIS KOTAPULU

Authors

  • Ilham Akbar Universitas Tadulako
  • Farid Universitas Tadulako
  • Anisah Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v1i2.1088

Keywords:

Sektor Parawisata, Pemancingan, daya Tarik wisata, pemasaran digital.

Abstract

 

Pentingnya sektor pariwisata memberi dampak yang sangat besar bagi masyarakat, terutama masyarakat yang berada di kawasan atau lokasi yang menjadi tujuan wisata. Adapun Desa yang mempunyai potensi wisata yakni Desa Kotapulu yang merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Desa Kotapulu berjarak 5 km dari pusat pemerintahan Sulawesi Tengah yakni Kota Palu. Salah satu bidang parawisata yakni Pemancingan Denis sebagai salah satu objek wisata yang akan mendorong peningkatan ekonomi bagi Kotapulu. Pelaksanaan pengabdian masyarakat menggunakan metode sosialisasi dan pendampingan memanfaatkan digital marketing di Desa Kotapulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi dengan waktu pelaksanaan kurang lebih selama 5 bulan di mulai dari bulan September 2022 sampai bulan Januari 2023.

 Berdasarkan hasil dari sosialisasi dan pembuatan akun media sosial yang dilaksanakan telah menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mengenai pengelolaan media sosial sebagai daya tarik wisata. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini kemampuan pengelola pemasaran digital menjadi selangkah lebih maju dan modern.

References

Althafariq Ramadhan M., Maman Chatamallah. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran “Just a Trip”.

Anisa Mar’atussoliha. (2020). Potensi Wisata Pemancingan Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir Kecamatan Aedati Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Inovasi Penelitian 1 (7), 1379-1386, 2020.

Fauzan, Slamet, Talitha Shirleen, Almira Zulaikha, Tasya Az, and Zahra Khadijah. (2021). “Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang.” 2(3).

Kota, Kabupaten, and D. I. Jawa. 2019. “PERAN SEKTOR PARIWISATA PADA PERTUMBUHAN EKONOMI.” 23(1):39–55.

Muamar, A., Faozi M. M., Fitriana A. (2018). PENGELOLAAN KAWASAN WISATA DAN DAMPAKNYA TERHADAP MASYARAKAT PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN. Al-Mustashfa : Jurnal Penelitia Hukum Ekonomi Syariah.

Mauluddin, Agus.2019). “Ruang Publik ‘Fishing Space’: Sarana Pertukaran Informasi Bisnis Pada Masyarakat Perdesaan Kampung Pasir Kalong.” Jurnal Kajian Ruang Sosial-Budaya 3, no. 2 (2019): 38–49.

Nasir, Munawir, Jafar Basalamah, and Aditya Halim Perdana Kusuma. (2019). “Kegiatan E-Marketing Sebagai Bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2019): 01–08.

Retnasary M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83

Yakup A. P. (2019). PENGARUH SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDINESIA. UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA.

Zunaidi, Arif, and Risa Rahmah. n.d. “Penerapan Strategi Pemasaran Wisata Kolam Pancing ‘ Cak Rul Fishing .’” 1(2):130–45.

Downloads

Published

2023-04-14