Strategi Pemasaran Gula Aren dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Sikara Tobata, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala
DOI:
https://doi.org/10.55606/mri.v1i2.1087Keywords:
Strategi Pemasaran, Gula Aren ,KemitraanAbstract
AbstrakDi Desa Sikara Tobata tanaman aren merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memilik nilai ekonomis yang tinggi sehingga sangat prospektif dalam pengembangannya dan memiliki peluang yang sangat besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut. Pengumpulan data dilakukan pendekatan survei dengan mewawancarai 4 pelaku usaha gula aren melalui pertanyaan terbuka. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan melakukan 4 bauran pemasaran (4P) yaitu (1) Produk : mempertahankan dan melakukan peningkatan kualitas produk (2) Harga : melakukan penetapan harga dengan orientasi biaya (3) Promosi: melakukan pelatihan pengunaan media sosial dalam melakukan promosi gula aren dan membantu pelaku usaha gula aren dalam mencari mitra (4) Tempat : gula aren diproduksi di Desa Sikara Tobata secara tradisional sebagai industri skala rumah tangga serta membentuk kerjasama kemitraan terhadap para pengusaha gula aren
References
Asmira, Rahma Muin, and M. Anwar Hindi. 2021. “Peqguruang: Conference Series.” (April).
Br. Simbolon, Juliana, Roida Ervina Sinaga, Jupianus Sitepu, and Dedi Erno Sinaga. 2022. “Strategi Pemasaran Dan Pengolahan Gula Aren Di Desa Buluh Awar Sumatera Utara.” Jurnal Agroteknosains 6(1): 33.
Elinur, D.S. Priyarsono, Mangara Tambunan, and Muhammad Firdaus. 2010. “Indonesian Journal of Agricultural Economics ( IJAE ).” Indonesian Journal of Agricultural (IJAE) 2: 97–119.