STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN KOMPREHENSIF UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN: TINJAUAN TEORITIS

Authors

  • Antok Andriono Universitas Sangga Buana YPKP
  • Dety Mulyanti Universitas Sangga Buana YPKP

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v1i2.1083

Keywords:

Manajemen Pemasaran, Penjualan, Strategi

Abstract

Abstrak

         Strategi pemasaran yang komprehensif adalah strategi pemasaran yang disusun secara rinci mulai dari menentukan target konsumen, merencanakan biaya pemasaran, hingga penggunaan teknologi yang mendukung kegiatan pemasaran. Strategi ini merupakan bagian dari keseluruhan usaha suatu bisnis. Strategi pemasaran bertujuan untuk menjangkau target konsumen yang dianggap prospektif dan meningkatkan penjualan. Tujuan dari tinjauan teoritis ini untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen pemasaran yang komprehensif dalam meningkatan penjualan.  Metode yang digunakan adalah tinjauan teoritis dengan menganalisis dan membandingkan teori yang telah ada. Hasil tinjauan teoritis ini yaitu strategi manajemen pemasaran secara komprehensif dalam meingkatkan suatu penjualan yaitu meliputi product, price, place dan promotion. Dapat disimpulkan bahwa strategi manajemen pemasaran dapat dipandang sebagai rencana yang menyeluruh dan terpadu mengenai kegiatan-kegiatan utama bisnis yang akan menentukan keberhasilannya untuk mencapai tujuan pokok dalam lingkungan yang penuh tantangan sehingga dapat meningkatkan penghasilan penjualan atau produk

        

         Bagi pengusaha tentunya senantiasa selalu menggunakan sumber-sumber yang dimiliki oleh suatu lembaga atau perusahaan disamping itu diusahakan pula untuk selalu mengatasi kesulitan-kesulitan serta tantangan yang ada dan meningkatkan usaha dalam penjualan.

References

Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Daryanto, (2018). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah, Cetakan I. Satu Nusa: Bandung.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: Rajawali Pers

Kotler, Philip. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Putra, Giardo Permadi, Arifin, Zainul, & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), 124-131.

Rahmawaty, Penny. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen. Jurusan Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2023-04-14