Pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Pos Terhadap Kepuasan Masyarakat Penerima Bantuan Langsung Tunai Di Kota Langsa (Studi Kasus Gampoeng Batee Puteh)

Authors

  • Ade Fadillah FW Pospos IAIN Langsa
  • Rana Zhafirah IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v1i1.1078

Keywords:

Kualitas Pelayanan Kantor POS, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kantor Pos terhadap kepuasan penerima bantuan langsung tunai di Kota Langsa. Dalam Penelitian ini penulis mengambil data dari Gampong Batee Puteh sebagai salah satu gampong yang menerima bantuan langsung tunai dari pemerintah. Data yang diperoleh berasal dari  responden yaitu masyarakat gampong Batee Puteh. Alat analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Adapun pengaruh pelayanan pelayanan kantor Pos terhadap kepuasan masyarakat penerima bantuan langsung tunai di Kota Langsa peneliti memperoleh hasil Dari hasil analisis Dari hasil uji T, menunjukkan bahwa variabel tangibel tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan penerima bantuan langsung tunai di  Kantor POS Langsa Cabang Langsa. Sedangkan variabel Reliability (X2), responsivines (X3), dan Assurance (X4)  Emphaty (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan penerima bantuan BLT Kantor POS Langsa Cabang Langsa. Dari ketiga variabel yang signifikan tersebut, variabel Assurance mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan penerima bantuan BLT Kantor POS Langsa Cabang Langsa.uji F terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara serempak antara variabel tangible (X1), Reliability (X2), responsivines (X3), Assurance (X4) dan Emphaty (X5) sebagai dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan penerima bantuan langsung tunai Kantor POS Langsa Cabang Langsa.

 

 

References

A, Adiwarman Karim, Ekonomi Islam suatu kajian Kontemporer, Jakarta, Gema Insani Press,2011.

Arifin, Johan Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press, 2015.

Barata, Atep Adya, Dasar-DasarPelayanan Prima, Jakarta : PT Elex Media Komputindo, 2013.

F. Patricia, Nicolin, Brand Management, Cet 1. Ed.1, Jakarta : Prenada, 2004.

Freddy, Rangkuti Strategi Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Hajar, Ibnu Dasar-dasar Metodologi Kuantitatif dalam Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.

Hani, Handoko T. Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: Lyberty, 2018.

J. Supranto Pengukuran Tingkat Kepuasan masyarakat penerima bantuan langsung tunai untuk Menaikkan. Pangsa Pasar, Cetakan Ketiga, PT.Rineka Cipta, Jakarta, 2006.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prehallindo, 2000.

Rangkuti, Freddy, Strategi Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Downloads

Published

2023-01-30