Analisis Pengaruh Pemilihan Lokasi Apotek Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Indonesia

Authors

  • Triayu Nur Afifah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Safanny Putri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Nabila Erinaputri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Shifa Aulia Maghfiroh Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Huwaydi Azzam Yusuf Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Khansa Adristi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Acim Heri Iswanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i3.1384

Keywords:

Location, Pharmacy, Purchase, Medicine

Abstract

Pharmacy is a health service facility that aims to help improve health for the community (public health), as well as a place for practicing pharmacists in carrying out pharmaceutical work spread across various regions. Choosing a business location is the main thing to consider in build a business, including pharmacy. A strategic business location is related to transportation efficiency, material properties, product characteristics, and ease of reaching consumers. The purpose of this study is to determine the effect of choosing the pharmacy location on medicine purchasing decisions in Indonesia. The method that used in this study is literature review with 6 research journals that collected and processed pre-existing data using search engines such as Google Scholar and journal databases such as Researchgate and published in 2018-2023. The result shows that pharmacy location is not always a factor in a person's decision to buy medicine, there are other factors such as price, quality of pharmacy service, and etc.

References

Adi, P. H., & Wicaksono, S. (2019). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Obat di Apotek. Sustainable Competitive Advantage-9, 9(1), 407–414. https://core.ac.uk/download/pdf/267947305.pdf

Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278.

Alfaini, D., Universitas, A., Saleh, S. E., Abdurachman, U., Situbondo, S., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Apotek Al Afiah Mangaran Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(8), 1559–1572. PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APOTEK AL AFIAH MANGARAN SITUBONDO | Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME) (unars.ac.id)

Astriyanto, T. (2010). Analisis Lokasi Usaha Sektor Informal Bidang Perdagangan Dan Jasa Di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Semarang Desa Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Semarang Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Febriyani, N. L., Barlian, N. A., & Hidayat, Z. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Apotek Klinik Husada Mulia Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Business Management, 1(3), 185-195. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/131

Hartini & Sulasmono. (2007). Apotek: Ulasan Beserta Naskah Peraturan perundang-undangan terkait Apotek. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Herrin, N. N. P., & Mashariono. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Nindya Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(8), 1–16. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN APOTEK NINDYA SURABAYA | Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) (stiesia.ac.id)

Kemenkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/105431/Permenkes%20Nomor%2072%20Tahun%202016.pdf

Komalawati, Veronica. (1989). Hukum Dan Etika Dalam Praktek Dokter. Pustaka Sinar Harapan.

Kotler, Philip. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Marwati, & Amidi. (2019). Pengaruh Budaya, Persepsi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 168. https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1567

Nurfadhilah, Tijjang, B., & Rahmawati, L. (2020). Strategi Pemasaran Hubungannya Dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 132–139. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/30269

Puspita, L., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2020). Pengaruh Lokasi, Citra Rumah Sakit, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih RSUD Pasar Minggu. Ikra-Ith, 2(3), 64–73. PENGARUH LOKASI, CITRA RUMAH SAKIT, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH RSUD PASAR MINGGU | IKRAITH-EKONOMIKA (upi-yai.ac.id)

Ramadanti, D. T. (2021). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Obat Bundo Basamo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Obat Bundo Basamo - Repository Universitas Islam Riau (uir.ac.id)

Santoso, A dan Widowati, S. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Dinamika Sosial Budaya 2(1): 1-8

Sopiah dan Syihabudhin. (2012). Manajemen Bisnis Retail. Andi Offset, Yogyakarta

Stevanny, S. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Apotek King Farma (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya).

Suwarman, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Mujianto, Toto. (2018). Pengaruh Harga, Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pasien Menebus Resep Dokter (Studi Kasus Pada Apotek K-24 Purworejo). Prospect (Jurnal Manajemen dan Akuntansi), 19(1), 163-178. PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MENEBUS RESEP DOKTER (STUDI KASUS PADA APOTEK K-24 PURWOREJO) | PROSPECT (Jurnal Manajemen dan Akuntansi) (stiera.ac.id)

Triwibowo, (2017) Etika Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif Undang-Undang Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Usfa, J. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembelian Obat dan Pemilihan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Apotek Arroz Farma 24 Pringsewu) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2024

Utami. (2010). Analisa Pengaruh Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Buku Dalam Jurnal Studi Kasus Togamas.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Triayu Nur Afifah, Safanny Putri, Nabila Erinaputri, Shifa Aulia Maghfiroh, Huwaydi Azzam Yusuf, Khansa Adristi, & Acim Heri Iswanto. (2023). Analisis Pengaruh Pemilihan Lokasi Apotek Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(3), 65–77. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i3.1384