PENGARUH PENYULUHAN KB DENGAN MEDIA E-BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP CATIN TENTANG KB DI PUSKESMAS KEPANJEN, KABUPATEN MALANG. SKRIPSI, PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN MALANG

Authors

  • Sarah Mardliyah Aprilia Poltekkes Kemenkes Malang
  • Suprapti Suprapti Poltekkes Kemenkes Malang
  • Ari Kusmiwiyati Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i3.1280

Keywords:

keluarga berencana, calon pengantin, penyuluhan, e-booklet, pengetahuan, sikap

Abstract

Program KB sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi kepadatan penduduk mengalami masalah tingginya angka unmet need di Indonesia serta berpeluang terhadap tingginya AKI dan AKB.  Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang KB. Usaha promotif dan preventif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap catin tentang KB yaitu pemberian penyuluhan KB melalui program Inovasi Kelas Catin. Dalam peningkatan inovasi dan perkembangan di bidang teknologi, e-booklet digunakan sebagai media penyuluhan dengan kelebihan yang lebih praktis, mudah diakses melalui smartphone, tidak lapuk, serta mudah didistribusikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan KB dengan media e-booklet terhadap pengetahuan dan sikap catin tentang KB di Puskesmas Kepanjen, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan pendekataan one group pretest posttest design. Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan catin sebelum diberikan penyuluhan sebagian besar dalam kategori cukup dan meningkat setelah diberikan penyuluhan. Sikap catin sebelum diberikan penyuluhan sebagian besar dalam kategori negatif dan meningkat positif setelah diberikan penyuluhan. Uji statistik didapatkan nilai p-value < 0,001. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh penyuluhan KB dengan media e-booklet terhadap pengetahuan dan sikap catin tentang KB di Puskesmas Kepanjen, Kabupaten Malang.

 

References

Afrikani, dkk. 2020. Pengembangan Media Ajar E-Booklet.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Endah Widhi. Konsep Kebidanan dan Etikolegal Dalam Praktik Kebidanan. 2016. Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan.

Azwar, Saifuddin. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (diakses tanggal 28 Februari 2022)

Badan Pusat Statistik (diakses tanggal 10 Januari 2022)

Daryanto. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Evrianasari, N., & Dwijayanti, J. (2016). Pengaruh Buku Saku Kesehatan Reproduksi Dan Seksual Bagi Catin Terhadap Pengetahuan Catin Tentang Reproduksi Dan Seksual Di Kantor Urusan Agama (Kua) Tanjung Karang Pusat Tahun 2017. Jurnal Kebidanan, Vol 3(4), 157– 168.

Fuad, Nur. 2016. Mengenal E-booklet dan Bagaimana Membacanya di Perangkat Android dan PC.

Haris, Dody. 2011. Panduan Lengkap E-booklet. Yogyakarta: Cakrawala Sketsa.

Hidayati, dkk. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi dengan Kesiapan Menikah pada Calon Pengantin di KUA Umbulharjo Yogyakarta Tahun 2016. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. http://lib.unisayogya.ac.id/

Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2022.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Pedoman Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan Di Fasilitas Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Pedoman Manajemen Pelayanan Keluarga Berencana.

Kepmenkes RI Nomor 396/MENKES/II/2007 (diakses tanggal 10 Januari 2022)

Manuaba, Ida Bagus Gde. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran ECG.

Marmi. 2020. Buku Ajar Pelayanan KB. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masturoh, I, dan N. Anggita. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Matahari, Ratu, dkk. 2018. Buku Ajar Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Nikmah, Anida, dkk. 2022. The Effect of Nutrition Education with E-Booklet Media on Knowledge and Attitude About Anemia in Adolescent Girl.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Sarah Mardliyah Aprilia, Suprapti Suprapti, & Ari Kusmiwiyati. (2023). PENGARUH PENYULUHAN KB DENGAN MEDIA E-BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP CATIN TENTANG KB DI PUSKESMAS KEPANJEN, KABUPATEN MALANG. SKRIPSI, PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN MALANG. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(3), 30–41. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i3.1280