Kurangnya Pemahaman Tentang Konsep Dasar Ilmu Sosial Di Jenjang Sekolah Menengah

Authors

  • Sofi Ayu Nur Martasari Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Bagus Setiawan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sevina Yushinta Anjani Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v3i1.2187

Keywords:

Factors, Social Sciences, Concepts, Education

Abstract

Lack of understanding of basic social science concepts at secondary school level is a serious challenge in developing students' knowledge and skills in society, nation and state. The basic concepts of social science, which include aspects such as social processes, social interaction, and social contact, are an important foundation in Social Sciences (IPS) in schools. The interdisciplinary approach to social studies covers various points of study, such as basic concepts of sociology, history, geography, economics, anthropology and political science. However, along with the complexity of the material, there are factors that cause students' lack of understanding of basic social science concepts at the secondary school level. Causative factors include teaching methods that are less effective, such as using only discussion methods without adequate explanation of the material.

References

Aifah Fauziah, dkk (2021), Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai AsesmenKompetensi Minimum (AKM), Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4 Tahun 2021 Hal: 8.

Ajeng Dwi Pratiwi, Amini, Elsa Manora Nasution, Fitri Handayani, Neng Putri Mawarny.2023. Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPS di Semua Tingkat Pendidikan Formal (SD, SMP dan SMA).El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol3 (3) Hal. 613

Angeline Xiao, (2018), Konsep interaksi sosial dalam komunikasi, teknologi, masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2)

Arif Purnomo, dkk, (2016), Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kota Semarang, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 33 Nomor 1 Tahun 2016, Hal :17.

Asrul Muslim, (2013), Interaksi sosial dalam masyarakat multietnis, Jurnal diskursus islam, 1(3), Hal.91.

Endayani, H. (2018). SEJARAH DAN KONSEP PENDIDIKAN IPS Henni Endayani. Ittihad, II(2), 117–127.

Firda, F. A., & Efiyanti, A. Y. (2022). Strategi Guru Ips Dalam Mengatasi Permasalahan Sikap Sosial Siswa Mtsn 6 Blitar. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 188–198. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1711

Ganda Febri Kurniawan, Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial: Strategi memahami dan perbaikan kesalahan konsep, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, Vol. 9. No. 1 (2022), 64-78

Henni Endayani, Sejarah Dan Konsep Pendidikan IPS, Jurnal ITTIHAD, Vol. II, No.2, Juli – Desember 2018

Ida Kurniawati1, Budi Handoyo, dkk, Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Materi Konsep Dasar Ilmu Geografi di SMA , JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, Volume 4 Number 2, September 2023

Karima, M. K., & Ramadhani. (2018). Permasalahan Pembelajaran Ips Dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 2(1), 43–53.

Kurniawan, G. F. (2022). Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial: Strategi Memahami dan Perbaikan Kesalahan Konsep. Jipsindo, 9(1), 64–78.

Kurniawati, I., Handoyo, B., Soekamto, H., & Mutia, T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Materi Konsep Dasar Ilmu Geografi. Jambura Geo Education Journal, 4(2), 67–76. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i2.19476

Laila Nurjanah, Sri Handayani, Rudy Gunawan, & Kunci, K. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Dunia Pendidikan. Chronologia, 3(2), Hal.485

Muhammad Japar, dkk, (2019), Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 29, No.2, Desember2019, Hal: 95.

Muhammad Kaulan Karima dan Ramadhani, Permasalahan Pembelajaran Ips Dan Strategi Jitu Pemecahannya, Jurnal ITTIHAD, Vol. II, No.1, Januari – Juni 2018

Rahmawati & B. Fitri, Zidni. (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan Dalam Pembelajaran IPS. Historia. 3(1). 1-10.

Sapriya. (2008). Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Silvia Tabah Hati M.Si, (2018), Hubungan Antara Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ips (Sumber Dan Materi IPS), Jurnal ijtimaiyah Vol.2 No.1 Januari-Juni 2018, Hal: 5.

Sodiq Anshori, (2016), Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter, Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2). Hal.66

Sodiq Anshori, (2014), Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosialdalam Pendidikan Karakter, Jurnal Edueksos Vol III No 2, Juli- Desember 2014, Hal:63.

Siti Rahma Harahap, (2020), Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, 11(1), Hal.47

Tuti Istianti, H. E. K. (2007). Pengembangan Strategi Pengajaran Konsep Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Konsep Pembelajaran IPS, 5(April), 1–5.

Wahyu Susiloningsih, (2016), Model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGSD pada matakuliah konsep IPS dasar, PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), Hal.62

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Sofi Ayu Nur Martasari, Bagus Setiawan, & Sevina Yushinta Anjani. (2023). Kurangnya Pemahaman Tentang Konsep Dasar Ilmu Sosial Di Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 3(1), 01–11. https://doi.org/10.55606/jurrish.v3i1.2187

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.