Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Bitung Barat

Authors

  • chrisdayanti daling Universitas Muhammadiyah Manado
  • Zainar Kasim Universitas Muhammadiyah Manado
  • I Made Rantiasa Univeritas Muhammadiyah Manado

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrikes.v3i1.2361

Keywords:

Kata Kunci : Kepatuhan Minum Obat , Peran Perawat

Abstract

Abstrak. Hipertensi atau penyakit darah tinggi sebenarnya adalah suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawah oleh darah terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkan. Peran edukator berperan membantu pasien meningkatkan kesehatannya melalui pemberian pengetahuan tentang perawatan dan tindakan medis yang di terima sehingga pasien atau keluarga dapat mengetahui pengetahuan yang penting bagi pasien atau keluarga untuk meningkatakan kepatuhan obat terhadap hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran perawat sebagai edukator dengan kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi di Puskesmas Bitung Barat.Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. jumlah populasi 302 pasien hipertensi. Sampel yang diambil berdasarkan jumlah responden sebanyak 45 responden dengan menggunakan Teknik purposive sampling . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Untuk di analisa dengan uji statistic Uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan (α) 0,05.Hasil penelitian ini didapatkan Nilai ρ=0,019 artinya Ha diterima yaitu ada hubungan antara peran perawat sebagia edukator dengan kepatuhan minum obat.Kesimpulan semakin baik peran perawat sebagai edukator terhadap pasien hipertensi maka semakin patuh minum obat. Saran perawat harus selalu memberikan penjelasan tentang hipertensi dan kepatuhan minum obat kepada setiap pasien yang datang.

 

 

 

References

Apriyani Puji Hartuti, M. (2022). Hipertensi. Jawa Tengah : Anggota IKAPI

Citry Mokolomban, W. D. (2018). Kepatuhan Minum Obat pada pasien diabetes melitus tipe 2 disertai hipertensi dengan menggunakan metode MMAS-8. Jurnal Ilmiah farmasi, 69-78.

Dian Saputra Marzuki, S. M. (2021). Analisis kepatuhan penggunaan masker dalam pencegahan covid-19 pada pedagang pasar tradisional di ptovinsi Sulawesi Selatan. Jawa Timur: Anggota IKAPI.

Dewi A. Harahap, N. A. (2019). Hubungan pengetahuan penderita hipertensi tentang hipertensi dengan kepatuhan minum obat antihipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kampa. Jurnal ners, volume 3 Nomor 2, 97-102.

Erni Djibu, N. A. (2021). Pengeruh peran perawat sebagai edukator terhadap kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi. Media Husada Journal of Nursing Science. Vol 2(No.2 ), 47-53.

Erick Johanes Manoppo, G. M. (2018). Hubungan pean perawat sebagai edukator dengan kepatuhan penatalaksanaan hipertensi di Puskesmas Tahuna Timur . Jurnal Keperawatan , 1-8.

Frida A. Yulianti, S. H. (2023). Peran edukator perarwat dalam pelaksanaan discharge planning. Jakarta: Pradina Pustaka.

Galih Adi Pramana, R. D. (2019). Faktor- faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat pasien hipertensi peserta Prolanis di Puskesmas Pringapus Kabupaten Semarang. Indonesian Journal Of Pharmacy and Natural Product, Volume 02, Nomor 01, 52-58.

Ika Muzdalia S.Kep, M. S. (2022). Belajar Promosi Kese. Bandung : Eksismedia Grafisindu (Eksisgraf) Anggota IKAPI.

Imron Rosyadi, N. L. (2023). Hubungan peran perawat (educator) dengan kepatuhan mengkonsumsi obat antihipertensi dan perilaku pencegahan stroke pada pasien hipertensi di UPT Puskesmas Sungai Pakning. Jurnal ensiklopedia, Volume 5 Nomor 4, 205-2014

M.Ricko Gunawan, D. J. (2020). Hubungan peraway sebagai edukator motivator dengan kepatuhan minum obat penderita TB di poliklinik MDR RS Umum Daerah DR. H ABDUL MOELOEK provinsi Lampung. Jurnal P-ISSN-2655-2728, Hal 105- 117.

Zakiyaul Ulya, A. F. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster terhadap pengetahuan manajemen hipertensi pada penderita hipertensi. Jurnal Keperawatan , 38-46.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

daling, chrisdayanti, Kasim, Z. ., & Rantiasa, I. M. . (2024). Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Bitung Barat. JURNAL RISET RUMPUN ILMU KESEHATAN, 3(1), 01–12. https://doi.org/10.55606/jurrikes.v3i1.2361