Analisis Pengaruh Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Dalam Perspektif Manajemen Rumah Sakit: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrikes.v2i1.1066Keywords:
Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Manajemen Rumah SakitAbstract
Rumah sakit merupakan suatu instansi yang menyediakan jenis pelayanan kesehatan diantaranya pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, pelayanan perawatan, pelayanan rehabilitasi, pencegahan dan peningkatan kualitas kesehatan pasien. Kualitas pelayanan kesehatan berkaitan erat dengan kepuasan pasien. Kepuasan pasien sebagai hal yang sangat subyektif, sulit diukur, dapat berubah-ubah, serta terdapat banyak sekali faktor yang berpengaruh sebanyak dimensi di dalam kehidupan manusia. Tujuan dari literature review ini untuk mengetahui bagaimana analisis pengaruh faktor kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan dalam perspektif manajemen rumah sakit. Literature yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menetapkan artikel yang sesuai kriteria inklusi. Data base yang digunakan yaitu Google Scholar. Tahun publikasi sumber literature yang diambil yaitu 4 tahun terakhir antara tahun 2018 sampai dengan 2022, Sumber literature menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia. Hasil 5 artikel diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan dalam perspektif manajemen rumah sakit yaitu dari segi faktor penampilan (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance) dan empati (empathy). Dapat disimpulkan bahwa analisis yang mempengaruhi layanan kesehatan berpengaruh pada dengan kepuasan pasien dari faktor bagaimana tenaga kesehatan mampu memberikan pelayanan, pemahaman, memberikan rasa nyaman, dan meningkatkan fasilitas kesehatan untuk menunjang kesembuhan pasien. Perlu juga bagi instansi memberikan pelayanan maksimal dengan mempertahankan kualitas serta meningkatkan kepuasan pasien. Selain itu juga perlu dilakukannya evaluasi dan monitoring secara berkala untuk meninjau perbaikan pelayanan kesehatan.
References
Anfal, AL. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal
Aliman, N.K. dan Mohamad, W.N. (2016). Linking Service Quality, Patients Satisfaction dan Behavioral Intentions: An Investigation on Private Healthcare in Malaysia. Procedia - Social dan Behavioral Sciences
Ansyori, Anis. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit (Studi Di Rumah Sakit Panti Nirmala Dan Rumah Sakit Militer Di Malang). Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti
Burhanuddin. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal MKMI
Fadlun, F. (2017). Sistem Pelayanan Administrasi Rekam Medik Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Poso. Katalogis
Herudiansyah, G., Candera, M., Haminsyah, K. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)
Kitapci, O., Akdogan, C. dan Dortyol, I.T. (2014). The Impact of Service Quality Dimensions on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions dan Word-of-Mouth Communication in the Public Healthcare Industry. Procedia - Social dan Behavioral Sciences.
Kuntoro, (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Lesmana. (2018). Analisis Kesenjangan Antara Kinerja dan Kepuasan Pasien Pada Instalasi Farmasi Puskesmas pagesahan. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mataram.
Malik, S.A. (2018). Rumah Sakit Kesehatan Kualitas Layanan , Kepuasan Pasien dan Loyalitas : Sebuah Investigasi dalam konteks Sistem Kesehatan Swasta International Journal of Manajemen Kualitas & Kehandalan Tentang Emerald www.emeraldinsight.com, (April). Emerald
Marzuq, N.H. Andriani, H. (2022). Hubungan Service Quality terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan: Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai
Nengsih, R.S., (2016). Kualitas Pelayanan Bagi Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) di Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(2), pp.1-15.
Nepe, L., Mudayati, S. dan Susmini, S., (2017). Hubungan Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara.Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan.
Nofianti. (2016). Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Pelayanan Rawat Inap yang Ideal. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika
Pohan, Imbalo. (2017). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC
Rahim, A.I.A. et al. (2021). Patient Satisfaction Dan Hospital Quality Of Care Evaluation In Malaysia Using Servqual Dan Facebook. Healthcare (Switzerland)
Rahmayati, M. M., Matondang, T Abdul Madjid, Chotima, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat
Syaifulloh, M. D. (2011). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang. Jurnal Libunnes
Sulo, H.R., Hartono. E., Oetari, RA., (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Manuntung
Taufiq., M., Samsualam, Surahman, A.B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan kepercayaan Pasien Rawat Inap Di rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau Parepare. Journal of Muslim Community Health
Wulandari, A. R. C., Rachmawaty, R., Ilkafah, I., & Erfina, E. (2021). Patient Satisfaction Towards Healthcare Quality In Indonesian Public Hospital. Enfermeria Clinica