PENGARUH LABEL HALAL, DESAIN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Authors

  • Nurliana Marissa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Efni Anita Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Eri Nofriza Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1814

Abstract

This thesis is entitled The Influence of Halal Labeling, Design and Product Quality on Purchasing Decisions to Use Cosmetic Products in Students of the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. This study aims to determine the effect of halal labels, design and product quality simultaneously and partially on cosmetic purchasing decisions in students of the Faculty of Islamic Economics and Business. The method used in this study is descriptive quantitative, in which the data collection researchers used observation, interviews, questionnaires and documentation. The number of samples in this study were 96 students, and using a non-probability sampling technique, is a sampling technique that does not provide an opportunity for every element or member of the population to be sampled. The results of the study show that the halal label, design and product quality have a positive and significant effect on purchasing decisions. Based on data analysis in this study, these variables are valid and reliable. In testing the classical assumptions with a normal distribution, heteroscedasticity and multicollinearity do not occur.

References

Abdullah, Thamrin and Francis Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Amstrong and Kotler. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Edisi keduabelas jilid 1 erlangga.

Burhanuddin. (2011). Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal. Jakarta.

Indriyo, Gitosudarmono. (2020). Manajemen pemasaran. Edisi II, BPFE. Yogyakarta.

Khamsani, Wahyu Maulidin and Budi Setyawan Nur Fachmi. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Perilaku Konsumtif Kosmetik Pada Mahasiswa.Yogyakarta: 2021.

Kotler dan Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta 2014.

Swasta, Basu and Handoko, T, Hani. Manajemen Pemasaran Analisa dan Prilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE, 2010.

Alfiani, Puspita Dwi, “Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Oleh Mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2, no.1 (2018): 128

Anita, “Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Persepsi Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Wardah” Jurnal (2016)

Augustina, Ferdianty dan Kristyan Dwijosusilo, “Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Wardah Beauty House Surabaya)” Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 1 (2018) : 12

Aulia, Lady “Strategi Pengembangan Industri Produk Halal” Jurnal Bimas Islam 18, no. 01 (2015): 126

Ayu Ida, Mely Trisnawati and M. I Nengah Suardhika, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks Dan Venus Di Apotek Kimia Farma Denpasar” 3, no. 3 (Maret 2022): 135

Dewi, Setia Tarigan Eka, “Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area,” 20, no.1 (2016): 34 .

Ferlika, Junia Wiki ““Pengaruh Label Halal, Religious Commitment, Brand Ambassador Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (2019)

Hariadi, Doni dan Soebari Martoatmojo, “Pengaruh produk, harga, Promosi dan distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Proyektor Microvision,” Jurnal Ilmu dan Manajemen 1 no.2: 74

Ian, Muslim Marpaung Alfian “Analisis Pengaruh Label Halal Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan” At-Tawassuṭ: Jurnal Ekonomi Islam 2. No. 01 (2017)

Ilsanti, Devi dan M Hufron, “Pengaruh Atribut Produk Dan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Facial Wash Wardah” E-Jurnal Riset Manajemen (2019): 79.

Khaidir, “Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran CFC Abadi Jambi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi” (2017) : 64-65.

Khaidir, Pengaruh Labelisasi halal, Kualitas produk, dan kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran CFC (California Fried Chicken) Abadi Jambi, Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, (2017), hlm 51.

Iwan Koerniawan, & Eka Satria Wibawa. (2019). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Lingkungan Kerja Non Fisik Sebagai Variabel Moderasi. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi , 12(1), 34-46.

Koerniawan, I. (2020). Pengantar Akuntansi. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-275.

Mirza, Vristiyana Visca “Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal Dan Minat Pembelian Produk Halal,” 12, no.1 (2019): 34

Mubarokah, Umi and Suad Fikriawan, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Produk Kosmetik Yang Tidak Berlabel Halal Ditinjau Dari Perilaku Konsumen “Jurnal Social Science Academic 1, no. 01 (Januari 2023): 2

Sri Ernawati, & Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207-215.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia: Nomor 26 Tahun 2013 Tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetik dan Penggunannya, Nomor 26 Tahun 2014

Undang -Undang Republik Indonesia: Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal, Nomor 33 Tahun 2014, vol. 3, 2014, 3.

Fitri Lestari “Wawancara Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,” Direct June 19, 2023.

Nur Izzati Maharani, “Wawancara Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,” Direct, June 19, 2023.

Setiyani,“Wawancara Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,” Direct, June 19, 2023.

Website

Healt Shots “Kenali Bahaya Memakai Bedak tidak BPOM untuk Kulit” 2023, accessed 2 Agustus, 2023. https://www.halodoc.com/artikel/kenali-bahaya-memakai-bedak-tidak-BPOM-untuk-kulit.

Kumparan Women “Brand Kosmetik Dengan Produk Bersertifikasi Halal”, 2022. Accesed Agustus 3, 2023. https://kumparan.com/kumparanwoman/15-brand-kosmetik-dengan-produk-bersertifikasi-halal-apa-saja-1xq1CjnB3ez

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Marissa, N. ., Anita, E. ., & Nofriza, E. . (2023). PENGARUH LABEL HALAL, DESAIN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(2), 219–237. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1814