Development of English Phonology Teaching Materials and Learning Strategies

Authors

  • Nurul Aini UINSU, Indonesia
  • Rahmadina Putri Siregar UINSU, Indonesia
  • Raju Mahendra UINSU, Indonesia
  • Arel Damaris UINSU, Indonesia
  • Surya Kelana Putra UINSU, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.741

Keywords:

Bahan Ajar, Strategi, Fonologi Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Inggris dan strategi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Data penelitian diambil dari buku fonologi, dokumen, dan literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian menemukan bahwa ada dua poin yang dikembangkan dalam penelitian ini. Bahan ajar disusun dengan mencakup semua materi yang diajarkan dan juga dibuat sesuai dengan KKNI yang berorientasi. Pembahasan kasus-kasus lokal mengenai hambatan pengucapan bunyi bahasa Inggris oleh masyarakat Indonesia juga dimasukkan dalam bahan ajar sebagai bentuk pembelajaran pemecahan masalah. Strategi pembelajaran yang dikembangkan dalam mata kuliah ini adalah implementasi metode blended learning. Metode ini difokuskan pada proses kegiatan pembelajaran dan pada tugas. Metode ini dipilih agar mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi yang ada saat ini dan mempertajam literasi digitalnya. Kesimpulannya, bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini berorientasi pada KKNI dan strategi pembelajaran menggunakan blended learning.

References

Bailey, G., & Thomas, E. (2021). Some aspects of African-American vernacular English phonology. In African-American English (pp. 93-118). Routledge.

Carr, P. (2019). English phonetics and phonology: An introduction. John Wiley & Sons.

Collins, B., & Mees, I. M. (2013). Practical phonetics and phonology: A resource book for students. Routledge.

Darcy, I., Park, H., & Yang, C. L. (2015). Individual differences in L2 acquisition of English phonology: The relation between cognitive abilities and phonological processing. Learning and Individual Differences, 40, 63-72.

Emzir (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Giegerich, H. J. (1992). English phonology: An introduction. Cambridge University Press.Borg dan Gall. (2003). Penelitian Pengembangan. Jakarta: Gramedia

Gussenhoven, C., & Jacobs, H. (2017). Understanding phonology. Routledge.

Jones, C. (2016). A history of English phonology. Routledge.

Kaye, J. (2013). Phonology: A cognitive view. Routledge.

Nurhayati, D. A. W. (2019). Students ‘Perspective on Innovative Teaching Model Using Edmodo in Teaching English Phonology: A Virtual Class Development. Dinamika Ilmu, 13-35.

Ogden, R. (2017). Introduction to English phonetics. Edinburgh university press.

Rao, Z. (2016). Language learning strategies and English proficiency: interpretations from information-processing theory. The Language Learning Journal, 44(1), 90-106.

Tanjung, F. Z. (2018). Language learning strategies in English as a foreign language classroom in Indonesian higher education context. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 21(Suppl), 50-68.

Wells, J. C. (2016). Sounds fascinating: Further observations on English phonetics and phonology. Cambridge University Press.

Yavas, M. (2020). Applied English Phonology. John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Nurul Aini, Rahmadina Putri Siregar, Raju Mahendra, Arel Damaris, & Surya Kelana Putra. (2023). Development of English Phonology Teaching Materials and Learning Strategies. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.741