CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL BUKAN AKU YANG DIA INGINKAN KARYA SARI FATUL HUSNI: KAJIAN FEMINIS

Authors

  • Indah Novita Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mhd Isman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.545

Keywords:

Kajian Feminis, Citra Perempuan dalam Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan Karya Sari Fatul Husni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra perempuan dalam Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan Karya Sari Fatul Husni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah bersumber dari data premier yaitu data yang didapat dalam novel. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa keterangan yang dijadikan objek kajian, yaitu setiap kata, kalimat, dan kalimat ungkapan yang mendukung aspek citra diri perempuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis teks dalam novel dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan citra perempuan tangguh dalam Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan Karya Sari Fatul Husni yang digambarkan melalui kepribadian dan prilaku seperti, berani memulai sesuatu, bertekad untuk menang, tabah dalam menghadapi cobaan, pantang menyerah, untuk mencapai suatu tujuan, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, bisa menenangkan hati dan pikiran orang-orang yang ada disekitarnya, mempunyai kesabaran yang besar, dan bertanggung jawab terhadap keluarga.

 

 

References

Djajanegara, S. (2003). Kritik Sastra Feminis: Sebuah Pengantar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Husni, Sari Fatul. (2021). Bukan Aku Yang Dia Inginkan. Depok : Cloud Books.

Kokasih, E. (2017). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung : Yrama Widya.

Sugihastuti, 2000. Wanita di Mata Wanita: Perspektif Sajak-Sajak Toeti Heraty. Bandung : Nuansa.

Sugihastuti, Adib Sofia. (2020). Feminis dan sastra Menguak Citra Perempuan dalam Layar Terkembang. Universitas Gadjah Mada : Atarsis.

Sugihastuti, Suharto. 2016. Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfeba

CV Bandung.

Syamsuyurnita. (2020). Peran Sastra Melayu Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Bagi Generasi Millenial Melalui Sosial Media. Jurnal Bastaka, 3 (2). 90-98

Umry, Shafwan Hadi dan Winarti. 2015. Telaah Puisi. Medan : Format Publising.

Wilda, Supiya, Yusak Hudiyono, Purwanti. 2021. Citra Perempuan Dalam Novel, Vol 5, No. 3, Juli 2021.

Winarti dan Mutia Febriana. 2019. Experimentasi Strategi Pembelajaran The Power Of Two Pada Materi Menulis Dongeng Dari Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMSU. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (1), 225-231).

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Indah Novita Sari, & Mhd Isman. (2022). CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL BUKAN AKU YANG DIA INGINKAN KARYA SARI FATUL HUSNI: KAJIAN FEMINIS. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 214–223. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.545