IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA V UPT SDN 11 KABUPATEN SOPPENG

Authors

  • Rahmatiah Rahmatiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Besse Syukuroni Baso Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.528

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Pendidikan bahasaindonesia

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  yaitu  untuk  mengetahui Implementasi Model Problem Based  Learning  (PBL)  dalam  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Bahasa  Indonesia  V UPT  SDN  11  Kabupaten  Soppeng.  Skripsi  Sarjana  Pendidikan  Guru  Sekolah Dasar   meningkatkan   hasil  belajar   bahasaindonesiadi  Kelas  V  UPT  SDN   11 Kabupaten  Soppeng. Adapun  jenis  penelitian  ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dan  subjek  penelitian  ini adalah  murid  di kelas V UPT SDN  11Soppeng yang  berjumlah  28 orang.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  tes, dan   dokumentasi.   Teknik   analisis   data   menggunakan   rumus   rata-rata   nilai, persentase  ketuntasan belajar dan data observasi.  Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa  pembelajaran  menggunakan  model Problem  Based  Learning  (PBL) dapat meningkatkan   hasil  belajar   bahasaindonesiadi  UPT   SDN   11Soppeng.   Hal  ini dapat   dibuktikan   dari   rata-rata   nilai   murid   yang   sebelum  diterapkan   model pembelajaran  Problem   Based   Learning   (PBL)   adalah   68,   dan   murid   yang mendapatkan nilai di atas 72  adalah 43%.  Dari hasil siklus I rata-rata nilai murid memperoleh 63, dan murid yang mendapatkan nilai di atas 72 adalah 50%. Setelah siklus  II  diperoleh  rata-rata  nilai murid  77,91,  dan murid  yang mendapatkan nilai di atas  70  adalah  90.55%  menunjukkan  bahwa  adanya  peningkatan  hasil belajar bahasaindonesiadengan  menggunakan  model  pembelajaran  Problem  Based Learning (PBL).

 

 

References

Abuddin Nata. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode

Pembelajaran di Sekolah (cetakan pertama). Semarang: Unissula Press. Chasanah, U. (2019). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Murid pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gunung

Meletus Kelas V SD NEGERI 196 Muaro Jambi.

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Murid. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan bahasaindonesia: Pengertian, Tujuan, Dasardan Fungsi. Jurnal Pendidikan bahasaindonesia, 17(2).

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan bahasaindonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoretik (J. S (ed.);

cetakan 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariadi, B., Jatmiko, B., Sunarto, D., Prahani, Binar Kurnia, & Sagirani, T. (2018).

Model Scientific Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Brilian untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Data dan Berpikir Kritis Mahamurid (B. Jatmiko & D. Sunarto (eds.)).

Helmiati. (2007). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Husniah, F. (2009). Pelaksanaan Pembelajaran BAHASAINDONESIAdalam

Membentuk Kepribadian Muslim di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi.

Irnawati, Efendi, Y., & Movitaria, M. A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar BAHASAINDONESIAMurid Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 332. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21816

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Rochmad (ed.); pertama).

Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mahmud, & Priatna, T. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik . In I.

Suntana (Ed.), (11th ed.). Bandung: Tsabita.

Masykur, H. (2015). Eksistensi dan Fungsi BAHASAINDONESIAdalam Sistem

Pendidikan Nasional. Skripsi.

Mukni’ah. (2013). Buku BAHASAINDONESIAdi Madrasah; Artikulasi

Pembelajaran Integratif Berbasis Pesantren.pdf (A. Muis (ed.); 1st ed.). STAIN Jember Press.

Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran ([email protected] (ed.); pertama). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Murid Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Murid Kelas 4 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Pratiwi, Y. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Murid di

Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pedamaran Ogan Komering Ilir. Skripsi.

Rahman, A. (2012). BAHASAINDONESIAdan Pendidikan Islam - Tinjauan

Epistemologi dan Isi - Materi. Eksis, 8(1), 2053–2059.

Samsuri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Murid Kelas IV A SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi.

Sari, Y. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar BAHASAINDONESIAdi SDN 66 Kota Bengkulu. Skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2589/

Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). In Deepublish (1st ed., Vol. 1, Issue 1). Deepublish. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=y bgYAugAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=ybgYAugAAAAJ:hFOr

nPyWt4C

Downloads

Published

2022-11-13

How to Cite

Rahmatiah, R., & Besse Syukuroni Baso. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA V UPT SDN 11 KABUPATEN SOPPENG. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 190–213. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.528