IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA V UPT SDN 11 KABUPATEN SOPPENG
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.528Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Pendidikan bahasaindonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia V UPT SDN 11 Kabupaten Soppeng. Skripsi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar meningkatkan hasil belajar bahasaindonesiadi Kelas V UPT SDN 11 Kabupaten Soppeng. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah murid di kelas V UPT SDN 11Soppeng yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar dan data observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar bahasaindonesiadi UPT SDN 11Soppeng. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata nilai murid yang sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah 68, dan murid yang mendapatkan nilai di atas 72 adalah 43%. Dari hasil siklus I rata-rata nilai murid memperoleh 63, dan murid yang mendapatkan nilai di atas 72 adalah 50%. Setelah siklus II diperoleh rata-rata nilai murid 77,91, dan murid yang mendapatkan nilai di atas 70 adalah 90.55% menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar bahasaindonesiadengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
References
Abuddin Nata. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode
Pembelajaran di Sekolah (cetakan pertama). Semarang: Unissula Press. Chasanah, U. (2019). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Murid pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gunung
Meletus Kelas V SD NEGERI 196 Muaro Jambi.
Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Murid. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651
Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan bahasaindonesia: Pengertian, Tujuan, Dasardan Fungsi. Jurnal Pendidikan bahasaindonesia, 17(2).
Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan bahasaindonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoretik (J. S (ed.);
cetakan 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hariadi, B., Jatmiko, B., Sunarto, D., Prahani, Binar Kurnia, & Sagirani, T. (2018).
Model Scientific Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Brilian untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Data dan Berpikir Kritis Mahamurid (B. Jatmiko & D. Sunarto (eds.)).
Helmiati. (2007). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Husniah, F. (2009). Pelaksanaan Pembelajaran BAHASAINDONESIAdalam
Membentuk Kepribadian Muslim di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi.
Irnawati, Efendi, Y., & Movitaria, M. A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar BAHASAINDONESIAMurid Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 332. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21816
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Rochmad (ed.); pertama).
Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mahmud, & Priatna, T. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik . In I.
Suntana (Ed.), (11th ed.). Bandung: Tsabita.
Masykur, H. (2015). Eksistensi dan Fungsi BAHASAINDONESIAdalam Sistem
Pendidikan Nasional. Skripsi.
Mukni’ah. (2013). Buku BAHASAINDONESIAdi Madrasah; Artikulasi
Pembelajaran Integratif Berbasis Pesantren.pdf (A. Muis (ed.); 1st ed.). STAIN Jember Press.
Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran ([email protected] (ed.); pertama). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Murid Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Murid Kelas 4 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268
Pratiwi, Y. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Murid di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pedamaran Ogan Komering Ilir. Skripsi.
Rahman, A. (2012). BAHASAINDONESIAdan Pendidikan Islam - Tinjauan
Epistemologi dan Isi - Materi. Eksis, 8(1), 2053–2059.
Samsuri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Murid Kelas IV A SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi.
Sari, Y. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar BAHASAINDONESIAdi SDN 66 Kota Bengkulu. Skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2589/
Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). In Deepublish (1st ed., Vol. 1, Issue 1). Deepublish. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=y bgYAugAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=ybgYAugAAAAJ:hFOr
nPyWt4C