KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Authors

  • Siti Larassati Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mhd Isman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.397

Keywords:

Kajian Sosiologi Sastra, Konflik Sosial, Novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik sosial dalam novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian adalah novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo berjumlah 320 halaman diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama di Palmerah Barat, Jakarta, cetakan keempat Maret 2022. Data penelitian ini adalah konflik sosial novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data, dan menganalisis data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca berulang-ulang novel, menghayati, memahami, mengumpulkan data, menggarisbawahi, mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa konflik sosial di antaranya: konflik pribadi, konflik kelompok, konflik politik dan konflik budaya. Konflik pribadi banyak ditemukan sebab antar tokoh di dalam novel ini saling bersitegang, adu mulut dan melakukan perkelahian. Konflik kelompok terjadi antara Dangu dengan masyarakat desa. Konflik politik terjadi karena penyuapan yang dilakukan oleh salah seorang warga kepada polisi. Konflik budaya terjadi karena ada beberapa adat yang tidak lagi relevan jika diterapkan di masa kini.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damono, Sapardi Djoko. 2003. Sosiologi Sastra. Semarang: Magister Susastra Undip.

Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (studi kasus di smp negeri 2 kelas viii banda aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91-106.

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among Makarti, 9(18).

Sardjonoprijo, Petrus. (1982). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali.

Pradopo, D.R. dkk. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Ratna, Nyoman Kutha. 2003. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Bandung: Pustaka Setia.

Sardjono, Maria A. 1995. Paham Jawa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Statistik, B. P. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan Interdepedensi Sosial sebagai

Landasan Teori dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 231-239.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Suryo, Mohammad. (2005). Pendidikan Holisttik Berbasis Nilai dan Etika dalam Pembentukan Citra Manusia. Makalah disajikan dalam Rembug Nasional Pembentukan Citra Manusia Indonesia, DEPARI Jawa Tengah, Semarang, 13 September.

Syamsuyurnita. 2020. Peran Sastra Melayu dalam Pembentukan Karakter Bangsa Bagi Generasi Milenial Melalui Sosial Media. Jurnal Basataka. Vol.3, No.2,

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung : Rosda

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Siti Larassati, & Mhd Isman. (2022). KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 111–125. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.397