ANALISI UNGKAPAN GAYA BAHASA METAFORA DALAM LIRIK LAGU PADA ALBUM INTI BUMI KARYA RASUKMA

Authors

  • Suci Namira Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tepu Sitepu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.396

Keywords:

Gaya Bahasa, Metafora, Makna.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ungkapan gaya bahasa metafora menurut Michael C. Halley dan makna gaya bahasa metafora yang terkandung dalam lirik lagu pada album Inti Bumi karya Rasukma yang terdiri dari 9 lagu. Adapun data penelitian adalah ungkapan gaya bahasa metafora dan makna gaya bahasa metafora. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data, dan selanjutnya menganalisis data. Instrumen penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman dokumentasi dengan penabelan dan check list dan ditambah dengan keterangan makna. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca berulang-ulang dengan cermat, menghayati, memahami lirik lagu, mengumpulkan data, menggarisbawahi pada isi lirik lagu, mendeskripsikan hasil temuan, dan menyimpulkan isi penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa ungkapan gaya bahasa menurut Michael C. Halley yang terdiri dari metafora being (keadaan), metafora cosmos (kosmos), metafora energic (energi/tenaga), metafora substance (substansi), metafora terrestrial (permukaan bumi), metafora object (benda), metafora living (kehidupan), metafora animate (hewan/makhluk bernyawa), dan metafora human (manusia), serta makna yang terkandung dalam gaya bahasa metafora tersebut.

References

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Haley, C. Michael. 1980. Linguistics Perspectives on Literature. London: Routledge & Kegan Paul.

Irwansyah, dkk. 2019. “Metafora Konseptual Cinta Dalam Lirik Lagu Taylor Swift: Kajian Semantik Kognitif”. METAHUMANIORA Vol. 9 No. 2.

Keraf, Gorys. 2019. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Komaruddin dan Yooke Tjuparmah. 2016. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Latifah, Eka Nur. 2017. Metafora Dalam Album Lagu Unter Dem Eis Karya Eisblume. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Marsella, Elin, dkk. 2017. “Metafora Pada Lirik Lagu Soundtrack Anime Guilty Crown”. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNRI Vol. 4 No. 2.

Moleong, lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, Meira Anggia. 2015. “Gaya Bahasa Kiasan Dalam Wacana Iklan Jepang”. Lingua Didaktika Vol. 9 No. 1.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Suci Namira, & Tepu Sitepu. (2022). ANALISI UNGKAPAN GAYA BAHASA METAFORA DALAM LIRIK LAGU PADA ALBUM INTI BUMI KARYA RASUKMA. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 97–110. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.396