Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas Ix Mts. Insan Cita Medan
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.394Keywords:
Kontekstual, Kemampuan Menulis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas IX MTs. Insan Cita Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi MTs. Insan Cita berjumlah 40 siswa. Objek yang diteliti adalah Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistic T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu 3,375 dengan standar deviasion 5,236 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan posttest.
References
Aksan, Hermawan. 2011. Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa
Amri, Yusni Khairul dan Dian Marisha. 2019. Sosiolinguistik Analisis Interferensi Budaya pada Media Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari
Amri, Yusni Khairul. 2019. “Alih Kode Dan Campur Kode Pada Media Sosial”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PBSI
Aqib, Zainal. (2016). Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Yrama Widya.
Hamzah. D, (2014) Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Henry Guntur Tarigan (1984). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Ideris, Haderi. 2013. Pintar Menulis Cerpen: Cara Jitu Mendobrak Pintu Kesulitan Menulis. Banjarmasin: Dreammedia.
Jhonson, Elaine B. 2010. CTL (Contextual Teaching and Learning): Menjadikan Kegiatan Belaja-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna . Bandung: Kaifa Learning.
McMahan, Elizabeth, Susan X. Day, dan Robert Funk. 1995. Literature and Writing Process.New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan.(2015).Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada
Nuryatin, Agus.dkk. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen.Semarang: Cipta Prima Nusantara
Sri, Listiana Izar. 2020. Resepsi Sastra Legenda “Danau si Losung dan si Pinggan”Dalam Pemertahanan Kearifan Lokal. Jurnal International Conference on Malay Identity. Vol.1 No. 1, 2020. Diambil dari: Journal.schoolar.google.co.id.
Subyantoro, (2019) Penelitian Tindakan Kelas. Depok : PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif,
sKombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharso, Dkk, (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Semarang : Widya Karya
Supardi, (2016) Kinerja Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Syamsuyurnita. 2020. Peran Sastra Melayu Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Bagi Generasi Milenial Melalui Sosial Media. Jurnal Basataka. Vol. 3. No. 2, Desember 2020. Diambil dari:Journal.schoolar.google.co.id.
Trianto, (2014) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama.
Winarti & Mutia Febriyana. 2019. Exsperimentasi Strategi Pembelajaran The Power Of Two Pada Materi Menulis Dongeng Dari Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMSU. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4, No. 1, September 2019. Diambil dari :journal.schoolar.google.co.id.
Winarti. 2019. Gambaran Pendidikan Pesantren Pada Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi: Pendekatan Mimetik. Jurnal Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara. Vol 1. No. 1, 2019. Diambil dari: jurnal.umsu.ac.id.