Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas Ix Mts. Insan Cita Medan

Authors

  • Rani Adillah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Fitriani Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.394

Keywords:

Kontekstual, Kemampuan Menulis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas IX MTs. Insan Cita Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi MTs. Insan Cita berjumlah 40 siswa. Objek yang diteliti adalah Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistic T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu 3,375 dengan standar deviasion  5,236 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan posttest.

 

References

Aksan, Hermawan. 2011. Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa

Amri, Yusni Khairul dan Dian Marisha. 2019. Sosiolinguistik Analisis Interferensi Budaya pada Media Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari

Amri, Yusni Khairul. 2019. “Alih Kode Dan Campur Kode Pada Media Sosial”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PBSI

Aqib, Zainal. (2016). Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Yrama Widya.

Hamzah. D, (2014) Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Henry Guntur Tarigan (1984). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Ideris, Haderi. 2013. Pintar Menulis Cerpen: Cara Jitu Mendobrak Pintu Kesulitan Menulis. Banjarmasin: Dreammedia.

Jhonson, Elaine B. 2010. CTL (Contextual Teaching and Learning): Menjadikan Kegiatan Belaja-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna . Bandung: Kaifa Learning.

McMahan, Elizabeth, Susan X. Day, dan Robert Funk. 1995. Literature and Writing Process.New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan.(2015).Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

Nuryatin, Agus.dkk. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen.Semarang: Cipta Prima Nusantara

Sri, Listiana Izar. 2020. Resepsi Sastra Legenda “Danau si Losung dan si Pinggan”Dalam Pemertahanan Kearifan Lokal. Jurnal International Conference on Malay Identity. Vol.1 No. 1, 2020. Diambil dari: Journal.schoolar.google.co.id.

Subyantoro, (2019) Penelitian Tindakan Kelas. Depok : PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif,

sKombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso, Dkk, (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Semarang : Widya Karya

Supardi, (2016) Kinerja Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Syamsuyurnita. 2020. Peran Sastra Melayu Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Bagi Generasi Milenial Melalui Sosial Media. Jurnal Basataka. Vol. 3. No. 2, Desember 2020. Diambil dari:Journal.schoolar.google.co.id.

Trianto, (2014) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama.

Winarti & Mutia Febriyana. 2019. Exsperimentasi Strategi Pembelajaran The Power Of Two Pada Materi Menulis Dongeng Dari Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMSU. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4, No. 1, September 2019. Diambil dari :journal.schoolar.google.co.id.

Winarti. 2019. Gambaran Pendidikan Pesantren Pada Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi: Pendekatan Mimetik. Jurnal Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara. Vol 1. No. 1, 2019. Diambil dari: jurnal.umsu.ac.id.

Downloads

Published

2022-10-11

How to Cite

Rani Adillah, & Fitriani Lubis. (2022). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas Ix Mts. Insan Cita Medan. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 84–96. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.394