IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Laila Nurhana Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Henri Peranginangin Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dadan Mardani Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.392

Keywords:

Pendekatan, Kontekstual, Pembelajaran, Tematik, Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan implementasi pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik serta mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan pendekatan kontekstual siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sirojul Muslimin Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukanpenerapan implementasi pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa, dapat mengembangkan potensi diri siswa, kemandirian siswa dalam mencari sumber informasi, menunjang keterampilan yang dimiliki siswa dan mampu menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. Adapun faktor pendukung pada penerapan implementasi pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik yaitu terdapat pada tema yang bervariatif dalam pembelajaran tematik sehingga antusias belajar siswa semakin meningkat, siswa dengan mudah mengaitkan materi dengan situasi kehidupan sehari-hari, dan penggunaan media pembelajaran yang beragam. Sedangkan faktor penghambat terdapat pada segi waktu yang kurang maksimal, berbedaan karakter anak dalam menguasai pembelajaran, dan fasilitas internet kurang memadai.

References

Fadli, Muhammad Rijal, ‘Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif’, Humanika, 21.1 (2021), 33–54 <https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075>

Kasmini, Lili, Haris dan Munandar, and Herda Linda, ‘Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas VI B SD Negeri 16 Banda Aceh’, Jurnal Tunas Bangsa, 7.1 (2020), 34–49

Maharani, Dhea Ayu Maharani, Intan Rahmawati, and Sukamto Sukamto, ‘Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz Dan Media Teka Teki Silang’, International Journal of Elementary Education, 3.2 (2019), 151 <https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522>

Marisya, Aulia, and Elfia Sukma, ‘Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.3 (2020), 2189–98 <https://jptam.org/index.php/jptam/issue/view/17>

Nengsi, S, D Zulyetti, and M H Nelvi, ‘Pengembangan LKS Biologi Dengan Pendekatan Kontekstual Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas’, Jurnal Edukasi, 3.1 (2021) <https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/12>

Nilasari, Efi, Yudha Adrian, and Ratno Susanto, ‘Pembelajaran Tematik Berbasis Kontekstual Di SD Muhammadiyah 9 Malang’, Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3.1 (2018), 19–26 <https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p019>

Rismunandar, ‘Budi Daya Lada Dan Tataniaganya’, 1.113 (2003), 206–22

Rohmanurmeta, Fauzatul Ma’rufah, ‘Implementasi Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Kontekstual Berbazis Karakter Religius Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sd’, Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8.1 (2018), 54 <https://doi.org/10.24269/muaddib.v8i1.1045>

Salimatussadiyah, Iim, Enoh, and Nadri Taja, ‘Nilai-Nilai Pendidikan Adab Dalam Proses Pembelajaran Prespektif Surah Al-Mujadilah Ayat 11’, Vol 6,No.2, 1, 2020, 159–63

Downloads

Published

2022-10-11

How to Cite

Laila Nurhana, Henri Peranginangin, & Dadan Mardani. (2022). IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 73–83. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.392