Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa

Authors

  • Henny Dheana Putri Universitas Negeri Medan
  • Azhar Umar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1699

Keywords:

Learning Cycle, Persuasion Text, Junior High School 8 Medan

Abstract

This study aims to determine the cooperative learning model of the Learning Cycle type on the ability to write persuasive texts in class VIII students of SMP Negeri 8 Medan in the 2022/2023 Academic Year. The population in this study were all Grade VIII students of SMP Negeri 8 Medan for the 2022/2023 academic year with a total of 304 students. Of the 304 students, the sample size was 30 students. The research method used in this research is the one-group pre-test post-test design experimental method. The instrument used in this study is a description test. Hypothesis testing was carried out using the data "t" test and it was found that the ability to write persuasive texts of students before using the Learning Cycle learning model was included in the sufficient category with an average value (mean) of 53.83, while the ability to write persuasive texts of students after using the model Learning Cycle learning increased with an average value (mean) of 81.16. Furthermore, the hypothesis test shows that tcount > ttable, which is equal to 13.14 > 2.045, it is concluded that the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This shows that there is an effect of the Learning Cycle learning model on the ability to write persuasive texts in class VIII students of SMP Negeri 8 Medan in the 2022/2023 academic year.

References

Agustian I, Harius E, dan Antonio I.2019. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayana di PT. Jasa Raharja Putra Cabang Bengkulu. Jurnal Profesional FIS UNIVED. 6 (1), Hal 42-60.

Arida E, Susetyo, dan Didi Y. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMPN L Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6 (1), Hal 21-30.

Aslindawaty, Nur. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Office. 3 (1), Hal 21-33.

Atika N, Sarmidin, dan Sopiatun N. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle 5E Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kuantan Mudik. JOM FTK UNIKS. 1 (2), Hal 59-69.

Barus, Sanggup (2014). Pembinaan Kompetensi Menulis.. Cetakan Kedua. Medan: Usu Press.

Budiyanto, Moch. Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Cetakan Pertama. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Cahyaningsih, Santi, dan Wikanengsih. 2019. Upaya Peningkatan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Metode STAD Pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2 (2), Hal 209-213.

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Hindriyatno, F, Rukayah, dan Daryanto, J. (2017). Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Pada Siswa Sekolah Dasar. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Hal 1-11.

Juhji. 2015. Model Pembelajaran Leaning Cycle 5e dalam Pembelajaran IPA. Primary. 7 (2), Hal. 207-218).

Kosasih, E. 2017. Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII. Cetakan Kedua. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Lubis, M. Joharis dan Haidir. 2019. Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia: Optimalisasi Bagi Personal Sekolah dan Korporasi. Jakarta: Prenadamedia Group

Mardianti, Sri (2021). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Polu. (Skripsi Sarjana Universitas Muhammadiyah Makassar).

Rahma, Uli dan Pristiwati Rahayu (2019). Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita). Jurnal Profesi Keguruan 5 (2) Hal. 180-183.

Rosita. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe P2RE Terhadap Kemampuan Menulis Persuasi Pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Tallo. (Skripsi Sarjana Universitas Muhammadiyah Makassar).

Sarwati, Yusrawati, dan Rika K. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VIII/2 MTSN 6 Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 2 (1), Hal 1-13.

Siregar, Junifer. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas X SMA Kampus Fkip Pematangsiantar . BAHASTRA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4 (1): 283-290.

Siringoringo, Mariana. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan. Hal 129-139.

Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Literasi Media Publishing. Karanganyar.

Solihat, Ilmi dan Nurhayati. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dan Quantum Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII MTSN 1 Serang Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Membaca. 3 (1), Hal 35-44.

Sudjana, Nana. 2014. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Henny Dheana Putri, & Azhar Umar. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa . Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 168–180. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1699