ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dina Aulia Yudistira Munthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Trisna Pratiwi Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dinda Patliana Sukma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syahrani Yumna Irfani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yuli Deliyanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Keywords:

Ability Analysis, Listening, Learning

Abstract

Language skills are needed for all individuals. This is because language skills are a model for developing students’ intellectual, social, and character abilities. The first language skill possessed by humans is listening. The purpose of writing this article is to analyze student listening skills in learning Indonesian at MI/SD. This research uses the library research method which is a series of activities related to the method of collecting library data, reading and recording and processing the research material. Listening is one of the most important language skills that must be mastered by students, but in reality many students do not like learning to listen. Most think that learning to listen is a boring lesson.

References

BOTTY, Midya. Hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2018, 4.1: 41-55.

DAMAYANTI, Yunita; WATINI, Sri. Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2022, 5.7: 2646-2653.

DEWI, Ika Puspa Mustika. Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Anak Menggunakan Media Audio Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2017, 6.3.

FARHUROHMAN, Oman. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 2017, 9.1: 23-34.

KURNIAMAN, Otang; HUDA, Muhammad Nailul. Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III SD Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2018, 7.2: 249-255.

MAGDALENA, Ina; ULFI, Nurul; AWALIAH, Sapitri. Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI, 2021, 3.2: 243-252.

MARLIANTI, Evi; MARLI, Suhardi; HALIDJAH, Siti. Peningkatan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Menggunakan Media Audio Cerita Anak Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2018, 7.7.

NURHAYANI, Isma. Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 2017, 4.1: 54-59.

PERAYANI, K.; RASNA, I. W. Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2022, 11.1: 108-117.

RAMBE, Riris Nur Kholidah. Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal tarbiyah, 2018, 25.1.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Dina Aulia Yudistira Munthe, Trisna Pratiwi Hasibuan, Dinda Patliana Sukma, Syahrani Yumna Irfani, & Yuli Deliyanti. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405