Tindak Tutur Ekspresif Pada Novel Hubbu Karya Mashuri

Authors

  • Sukma Ragil Putra Universitas PGRI Semarang
  • Mualafina Rawinda Fitrotul Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Suyoto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.1120

Keywords:

Pragmatik, Tindak Tutur Ekspresif, Novel

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya tuturan ekspresif yang ditemukan pada novel Hubbu karya Mashuri. Novel Hubbu merupakan karya Mashuri yang memperoleh penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Novel Hubbu karya Mashuri menceritakan kehidupan Jarot yang digadang-gadang sebagai penerus pesantren warisan leluhurnya. Namun, ketika beranjak dewasa,  Jarot dihadapkan dengan berbagai konflik psikologis, antara memilih mengemban tanggung jawab untuk memimpin pesantren warisan leluhur, cinta, dan kehidupan di luar pesantren yang didambakan. Novel Hubbu karya Mashuri  memiliki bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif. Berdasarkan latarbelakang tersebut, rumusan masalahnya adalah bagaimana bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif dalam novel Hubbu karya Mashuri? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk  dan fungsi tindak tutur ekspresif dalam novel Hubbu karya Mashuri. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatf. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap. Hasil penelitian ini, ditemukan bentuk-bentuk tindak tutur ekspresif  berupa tindak tutur meminta maaf, memuji, berterima kasih, mengeluh, memprotes, menyalahkan, mengkritik, marah, dan mengucapkan selamat. Fungsi tindak tutur ekspresif  yang ditemukan adalah mengungkapkan perasaan, mengisyaratkan maksud tertentu, dan memperhalus bahasa.

References

Fitra, Rahmadi. (2015). “Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi”. Thesis. Retrieved from http://scholar.unand.ac.id/id.eprint/1112.

Larasati, Yenita N. (2017). “Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Hati Sinden Karya Dwi Rahayuningsih Kajian Pragmatik dan Relevansinya terhadap Bahan Ajar Bahasa Indonesia Materi Drama di SMA”. Retrieved from http://repository.upy.ac.id/id/eprint1510.

Nurhada, Zamzam., Dan Reni Tania. (2022). “Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Penari dari Serdang Karya Yudhistira ANM Massardi (Kajian Pragmatik)”. Vol. 2 No 2. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Sudaryanto. (2005). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Tim Penyusun Kamu. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-04-21

How to Cite

Sukma Ragil Putra, Mualafina Rawinda Fitrotul, & Suyoto Suyoto. (2023). Tindak Tutur Ekspresif Pada Novel Hubbu Karya Mashuri. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(1), 63–69. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.1120