Strategi Pengembangan Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram Di Perpustakaan Cahaya Aksara SMA N 5 Pekanbaru

Authors

  • Amartya Auspicy Universitas Lancang Kuning
  • Chairunissa Universitas Lancang Kuning
  • Silvia Salsabila Universitas Lancang Kuning
  • Trie Khairunnisa M Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.1113

Keywords:

Strategi pengembangan, Perpustakaan, Media Sosial

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan promosi perpustakaan Cahaya Aksara SMA N 5 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini ialah siswa mengetahui informasi mengenai instagram perpustakaan cahaya aksara melalui guru , siswa  merasa pemenuhan informasi yang dibutuhkan sudah cukup baik.

 

                                              

Konten instagram perpustakaan cahaya aksara membuat siswa dan siswi tertarik mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku. Informasi yang diunggah beragam, diantaranya pelatihan penulisan, kunjungan dari berbagai sekolah dan instansi serta studi banding, MoU, kegiatan perlombaan, workshop, qhatam qur’an, serah terima mahasiswa PLP dari berbagai universitas di Pekanbaru, festival pelajar, penyerahan pemenang lomba pojok baca, pembagian buku paket, memperingati hari hari besar, pergelaran seni siswa, pengembalian buku paket, sumbangan buku oleh Tiong Ha, kegiatan pembelajaran, rapat dinas SMAN 5 Pekanbaru dan lainnya.

 

References

Alma, N. D. 2020. Startegi Marketing Mix Kegiatan Promosi Pada Instagram Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 40.

Perpustakaan, K. 2017. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 5(3),248–253. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/Perka_10_2017_SNP_Perpustakaan_SD_Salinan.pdf

Roni, K. A., & Wati, D. A. 2021. Strategi Pemasaran Ternak Sapi Kelompok Tani Mulya Dengan Analisis Swot Di Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Sains, 1(3), 208–218. https://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JMS/article/view/616%0Ahttps://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JMS/article/download/616/612

https://dkpus.babelprov.go.id/content/pentingnya-promosi-perpustakaan-dalam-mengoptimalisasikan-pemanfaatan-perpustakaan-pada-masa

Sukarno, L. G. 2017. Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. Media Pustakawan, 24(4), 56-61.

https://smanlimapekanbaru.sch.id/tentang-sekolah#:~:text=Tentang%20SMAN%205%20Pekanbaru&text=Pada%20awal%20berdirinya%2C%20sekolah%20ini,nama%20Menjadi%20SMAN%205%20Pekanbaru. Diakses 14 april

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Amartya Auspicy, Chairunissa, Silvia Salsabila, & Trie Khairunnisa M. (2023). Strategi Pengembangan Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram Di Perpustakaan Cahaya Aksara SMA N 5 Pekanbaru. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(1), 50–62. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.1113