Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Dear Nathan: Hello Salma Karya Erisca Febriani Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Teks Novel

Authors

  • Sinta Yulianti Universitas Negeri Padang
  • Nursaid Nursaid Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.1082

Keywords:

Nilai-nilai Sosial, Novel Dear Nathan: Hello Salma karya Erisca Febriani, Teks Novel

Abstract

Karya sastra dapat kita jadikan wadah untuk menyampaikan nilai-nilai sosial yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. Permasalahan yang dilukiskan dalam sebuah karya sastra meliputi masalah-masalah sosial yang terjadi dalam lingkungan pengarang sebagai masyarakat sosial. Permasalahan- permasalahan tersebut dapat kita temukan di dalam sebuah karya sastra berupa novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Dear Nathan: Hello Salma karya Erisca Febriani dan implikasinya dalam pembelajaran teks novel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Data dari penelitian ini adalah nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Dear Nathan: Hello Salma Karya Erisca Febriani. Sumber data yang digunakan adalah novel Dear Nathan: Hello Salma karya Erisca Febriani. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan rangkaian peristiwa dalam novel Dear Nathan: Hello Salma karya Erisca Febriani sebanyak 63 peristiwa dan  peristiwa yang dianalisis sesuai dengan penelitian ini adalah 32 nilai-nilai sosial yang ditemukan dari peristiwa yang meliputi, sembilan nilai sosial cinta kasih, sembilan nilai sosial kepedulian, lima nilai sosial tanggung jawab, dan sembilan nilai sosial tolong menolong. Penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar untuk materi pembelajaran teks novel di SMA sederajat.

References

Aisyah, S., Wayan, S.J., & Surastina. (2016). “Nilai-Nilai Sosial Novel “SODRAM” Karya Suhunan Situmorang”. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro,1(1), 37- 46.

Bulan, D & Sri, A. (2019). “Analisis Unsur Instrinsik Novel Patah Hati Terindah Karya Aguk Irawan Serta Pemanfaatannya Sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Ajar di SMP Kelas VIII”. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya,12(1), 27-34.

Cervantes, M. (2003). Don Quixote.( E. Grossman, Trans). New York,NY: HarperCollins.

Dhohiri, T.R. (2007). Sosiologi, Suatu Kejadian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudistira.

Fallon, E., et. al. (2001). A Reader’s Companion to The Short Story in English. Westsport, CT: Greenwood.

Febriani, E. (2018). Dear Nathan: Hello Salma. Depok: Coconut Boos.

Hermawan, D & Shandi. (2019). “Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,12(1), 11-20.

Ismawati, E. (2013).Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Juwariyah dan Sumartini. (2019). “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA”. Jurnal Sastra Indonesia, 8 (2), 111-118.

Juwati. (2018). Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish.

Limbong, J.L, & Suparman. (2018). “Kemampuan Menentukan Unsur Instrinsik Cerpen Melalui Model Pembelajaran Inkuri Siawa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo”. Jurnal Onoma, 2(1),12-26.

Musliah, S., Halimah, S. N., & Mustika, I. (2019). Sisi Humanisme Tere Liye dalam Novel “Rembulan Tenggelam di Wajahmu”. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 681-690.

Nopitasari. (2020). Nilai-nilai Desa yang Harus Kita Pelihara: Sosial, Moral, Agama. Yogyakarta: CV. Hijas Pustaka Mandiri.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Permana, A, Lia, J, & Ai,S.Z., (2019). “Analisis Unsur Intrinsik Novel Menggapai Matahari Karya Dermawan Wibisono”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 22-26.

Saputra, W., Atmazaki, & Abdurrahman. (2012). “Nilai-nilai Sosial dalam Novel Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Ananta Toer”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 409-417.

Saputra,R. (2022). “Nilai-nilai Sosial dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Danovar dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel”. SKRIPSI. Universitas Negeri Padang.

Savitri, E.H, Benedictus, & S, Sri, W.S (2022). “Fungsi-fungsi Komunikatif dalam Struktur Teks Artikel Ilmiah Bidang Kebahasaan”. Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 79-88.

Silfina, M, Laspida, & H, Jasril. (2022). “ Nilai-nilai Sosial dalam Novel Bidadari Berbisik Berbisik Karya Asma Nadia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 5(2), 246-258.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Utami, I. Y & Yasnur, A. (2019). “ Nilai Cinta Kasih dalam Novel No Place Like Home Karya Alma Aridhata dan Implementasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 169-181.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Yasin, A. (2022). “The Social Aspect of Culture Novels Pulang for Literary Studies”. Jurnal Bahasa dan Sastra. 14(1), 9-13.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Sinta Yulianti, & Nursaid Nursaid. (2023). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Dear Nathan: Hello Salma Karya Erisca Febriani Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Teks Novel. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(1), 23–39. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.1082