MEMPERLUAS TARGET PENJUALAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING

Authors

  • Heri Sasono STIE Dharma Bumiputera, Jakarta
  • Herlina Herlina STIE Dharma Bumiputera, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.505

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, On Line, Aplikasi Satuaja.

Abstract

Perubahan zaman membawa gaya hidup belanja masyarakat bergeser dari konvensional menuju penjualan online. Metode penelitian memberikan pelatihan dan pendampingan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya ke On line atau digital di Desa Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel, Banten sebanyak 60 pelaku UMKM.

Kesimpulan pengabdian kepada masyarakat, apabila pelaku UMKM berubah ke pemasaran digital adalah; (a). Mudah Terhubung dengan Konsumen, (b). Mudah Melacak Perilaku Konsumen, (c). Dapat Meningkatkan Pendapatan Bisnis, (d). Bisnis Dapat Lebih Kompetitif, (e). Teknik Marketing Lebih Mudah dan Simple, (f). Dapat Menghemat Biaya Promosi, (g). Teknik Pemasaran Lebih Bervariatif, (h). Hasil Promosi Dapat Dilacak dengan Mudah, (i). Dapat Mempercepat Terjadinya Penjualan dan (j). Dapat Membantu di Dalam Pengelolaan Bisnis.

References

Aditya, D. (2020, November 22). Urgensi Digitalisasi UMKM. Retrieved Juli 29, 2021, from https://mediaindonesia.com/opini/36 3003/urgensi-digitalisasi-umkm.

Afiah, Nunuy Nur (2009). Beberapa Peran Kewirausahaan dalam Mengatasi tantangan di UMKM.

Alma, Buchari. (2011). Kewirausahaan, Alfabeta: Bandung. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Anoraga, Pandji, dan Sudantoko, Djoko. (2012). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta : Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press. Chaffey, D & Smith, P.R (2008). e-Marketing Excellence : Planning and optimizing your digital marketing. USA : Elsevier.

Badan Pusat Statistik (BPS) (2021) Indonesia.

Bappeda Provinsi DKI Jakarta. (2018).

BPS Provinsi DKI Jakarta. (2020, November).

Chaffey, D & Smith, P.R (2008). e-Marketing Excellence : Planning and optimizing your digital marketing. USA : Elsevier.

Chaniago. (2002). Strategi Memajukan Usaha Kecil dan Menengah. Pustaka: Jakarta.

Dewi, N. N. K. A., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Udayana, 6(10), 5580–5606.

Disperindagkop dan UKM Pemprov DKI Jakarta (2021) Pemprov DKI, Jakarta.

Emzir, (2015), Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Handajani, L., Akram, Furkan, Rifa’i (2019). Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industry Kopi Lombok. Jurnal Abdi Insani LPPM Unram.

Hapsoro BB, Palupiningdyah, Slamet A. 2019. Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Abdimas 23 (2).

Jakpreneur Jakarta. (2021). Pertanyaan yang Sering Diajukan. Retrieved from https://jakpreneur.jakarta.go.id/FAQ.

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 2(1), 159–168.

Keadaan Ketenagakerjaan Provinsi DKI Jakarta Agustus 2020: Dampak Covid-19 Pengangguran DKI Jakarta Tembus Dua Digit. Retrieved from https://jakarta.bps.go.id/publication/2 021/04/21/66cfa3fa680f1a2a2b0f2ab 9/keadaan-angkatan-kerja-provinsi- dki-jakarta-agustus-2020.html.

Kemenko-UKM. (n.d). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018-2019. Retrieved from https://www.kemenkopukm.go.id/upl oads/laporan/1617162002_SANDIN GAN_DATA_UMKM_2018- 2019.pdf.

Kewirausahaan Terpadu. Jakarta: (2018). Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 tahun 2020 tentang Pengembangan UMKM di Pemerintah Provinsi DKI, Jakarta.

Laporan Utama: Jakpreneur Programnya Sejahtera Warganya. Retrieved from https://jakita.jakarta.go.id/media/dow nload/ind/edisi_3_2020.pdf.

Media Indonesia. (2020, September 16). Bank DKI Kucurkan Kredit ke UMKM Jakpreneur. Retrieved from https://mediaindonesia.com/ekonomi/ 345230/bank-dki-kucurkan-kredit- ke-umkm-jakpreneur.

Mujiyana, Sularto, L., & Mukhyi, M. A. (2012). Pengaruh Penerapan Periklanan Di Internet Dan Pemasaran Melalui E- Mail Produk UMKM Di Wilayah Depok. J@ti Undip, 7(3), 161–168.

Nasir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha Dan E- Marketing Pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai. Jurnal Pengabdian Kepada Maryarakat (JPKM), 23(2), 292–299.

Potensi Usaha Mikro Kecil Provinsi DKI Jakarta. Retrieved from Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta: https://jakarta.bps.go.id/publication/2018/12/31/77fd4d04e42bb0d131ff2b af/potensi-usaha-mikro-kecil- provinsi-dki-jakarta.html.

Saiman Leonardus, (2009). Kewirausahaan: Teori, praktik, dan kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Saputri, M. (2019, Oktober 16). Program OK OCE Warisan Sandiaga Uno Ganti Nama & Makin Diperluas. Retrieved from https://tirto.id/program-ok-oce- warisan-sandiaga-uno-ganti-nama- makin-diperluas-ejPf.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Sutarto, Sri Edi. 2005. Koperasi: Nilai-Tambah Ekonomi, Nilai-Tambah Sosial Kultural. Sokoguru Perekonomian. Jakarta: Penerbit Yayasan Hatta.

Sukarsih, I., Kurniati, E., Gunawan, G., & Respitawulan. (2016). Perluasan Jangkauan Pasar Pelaku Ukm Sepatu Cibaduyut Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Internet Marketing. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 4(1), 1–6.

Sulaeman. (2014). Analisis Peranan Koperasi Simpan Pinjam/Unit Simpan Pinjam Dalam Upaya Pengembangan UMKM Di Kabupaten Malang. Jurnal Modernisasi, 5(3), 68-89.

Suryani I. 2014. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8 (2), 123- 138.

Undang- Undang No. 20 Tahun (2008). Tentang UMKM Undang Undang No. 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Undang-Undang No. 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian Undang-Undang RI No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Widiyanti, Ninik. 2016. Manajemen Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.

www.hanindo.co.id/post/10-manfaat-menggunakan-digital-marketing-bagi-bisnis-anda.

www.hanindo.co.id/post/10-manfaat-menggunakan-digital-marketing-bagi-bisnis-anda

Yasmin A, Tasneem S, Fatema K. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1 (5), 69-80.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Heri Sasono, & Herlina Herlina. (2022). MEMPERLUAS TARGET PENJUALAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 89–99. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.505

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.