MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM MELALUI AKTIVITAS DIGITAL MARKETING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK

Authors

  • Dwitya Agustina STIMIK ESQ Jakarta
  • Erza Sofian STIMIK ESQ Jakarta
  • Miftahul Jannah STIMIK ESQ Jakarta
  • Chance Ginaya Bancar STIMIK ESQ Jakarta
  • Farrez Al Hakim STIMIK ESQ Jakarta
  • Hani Ismalia STIMIK ESQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i4.485

Keywords:

UMKM, Pandemi Covid-19, Pemasaran Digital

Abstract

Program pengabdian masyarakat yang dilakukan tahun ini berfokus mengenai dampak ekonomi dari Pandemi Covid-19 terkait regulasi pemerintah berupa pembatasan aktivitas membuat banyak performa di berbagai sektor bisnis menurun, terutama bagi perusahaan besar atau korporasi. banyak pelaku UMKM yang kesulitan untuk memaksimalkan pemanfaatan digitalisasi ini baik bagi “pemain” lama maupun yang baru terjun ke dunia wirausaha sejak pandemi Covid-19 ini. Proses pengabdian masyarakat meliputi kegiatan tahap FGD, tahap survey, tahap sosialisasi, tahap pelatihan, tahap pendampingan, dan tahap evaluasi. Terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini dimana dengan diberlakukannya pembatasan aktivitas fisik diluar rumah dan mengakibatkan banyak dari pendapatan yang dilakukan oleh bisnis secara konvensional menurun dan mendorong mereka untuk beralih tempat berjualan ke ranah dunia maya dikarenakan meningkatnya aktivitas pengguna media sosial. UMKM yang berada di Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2021 hingga sampai saat ini.

 

Kata Kunci:

References

Rahmi. Aditya, Shandy. ES, Purwana, D. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan malaka sari, duren sawit. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Zakaria, Nizar. Sulaksono, Juli. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-48.

Dewirahmadanirwati, D. (2020). Strategi Meningkatkan Minat Berwirausaha di Lingkungan Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 4(2), 34-40.

Pramesti, Puji. Dwijayanti, Andina. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikraith-Abdimas, 4(2), 68-73.

Alfrian, Rio, G. Pitaloka, Endang. (2020). Strategi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik Covid 19 di indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 139-146.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi- Indonesia-Terungkit.html

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Dwitya Agustina, Erza Sofian, Miftahul Jannah, Chance Ginaya Bancar, Farrez Al Hakim, & Hani Ismalia. (2021). MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM MELALUI AKTIVITAS DIGITAL MARKETING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 17–26. https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i4.485

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)