Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Pada UMKM

Authors

  • Ria Pisensa Br Sembiring Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Zaenal Wafa Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1029

Keywords:

Laporan Keuangan, Pelatihan, UMKM.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu solusi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai banyak peran dalam mendukung perekonomian negara. Akan tetapi, masih banyak UMKM yang belum menggunakan akuntansi dalam kegiatan usahanya. Karenakan masih kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang akuntansi terkhusus di bagian laporan keuangan dan beranggapan bahwa akuntansi dan laporan keuangan tidak terlalu diperlukan dalam usaha.

            Untuk itu dilakukan pelatihan pembuatan laporan keuangan sederhana dengan bertujuan agar pemilik UMKM bisa membuat pencatatan laporan keuangan setiap bulannya. Setelah melakukan pelatihan dan memberikan pemahaman tentang akuntansi pelaku UMKM tersebut juga sudah mengetahui tentang seberapa pentingnya akuntansi terkhusus di bagian laporan keuangan pada usaha UMKM. Dari penyampaian  materi tentang laporan kuangan terlihat bahwa pemilik UMKM tersebut sudah mulai memiliki keinginan untuk mencoba membuat laporan keuangan terhadap usaha yang sedang dijalankan. Dan sekarang pembuatan laporan keuangan juga sudah berjalan pada usaha UMKM tersebut.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2019. “Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) - Analisis Hasil Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) Lanjutan” ed. Ali. (n.d.).

Abdianur, & Sudjinan. (2019). Peningkatan UMKM melalui sosialisasi laporan keuangan sederhana di kelurahan Damai Baru Kecamatan Balikpapan Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Ekonomi, 01(2).

Ani, S., Scorina, D., & Rusdiana, P. (2022). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Serhana Pada UMKM: Upaya Dalam Menghindari Kerugian Pada Pengelolaan Usaha. Batara Wisnu Journal: Indonesia Journal Of Community Services.

Ayu, A. N., & Novia, T. (2022). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Pada UMKM Handcarft Niki Kayoes Desa Turirejo Kec.Lawang. Jurnal Pengabdian Mandiri.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan. (2020). Pernyataan Standar Akuntansi (PSAK) No. 1. (2020). Penjayian Laporan Keuangan. Jakarta: Ikata Akuntansi Indonesia (IAI).

Prihadi, Toto. 2020. Analisis Laporan Keuangan. 2nd ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Ria Pisensa Br Sembiring, & Zaenal Wafa. (2023). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Pada UMKM. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 28–32. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1029

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.