Digital Marketing Sebagai Upaya Perluasan Pemasaran Pasca Pandemi Pada Produk UMKM Telur Asin DMN

Authors

  • Vira Aulia Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Zaenal Wafa Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1022

Keywords:

UMKM; Digital Marketing; Pelatihan

Abstract

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di desa Sumberarum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta pada salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu UMKM Telur Asin DMN. Beberapa tahun yang lalu di Indonesia sempat mengalami krisis perekonomian yang disebabkan karena adanya pandemi COVID-19. Hal ini sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat terutama pada sektor usaha kecil seperti UMKM. Setelah berbagai upaya dilakukan, sekarang perekonomian Indonesia sudah mulai pulih kembali salah satunya dengan adanya kemudahan dan keuntungan yang diperoleh oleh para pelaku UMKM melalui digital marketing. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajarkan dan melatih para pelaku UMKM terutama pada UMKM Telur Asin DMN bagaimana cara memanfaatkan digital marketing untuk memperluas pemasaran produknya sehingga dapat meningkatkan pendapatan usahanya serta memiliki banyak konsumen dari dalam maupun luar daerah. Kegiatan ini dilakukan karena pelaku UMKM masih minim pengetahuan tentang digital marketing dan pemasaran yang masih menggunakan metode tradisional seperti dititipkan ke warung. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survey, pembinaan, dan evaluasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan antusias yang positif dari UMKM Telur Asin DMN karena memiliki banyak manfaat bagi usahanya. Setelah dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan UMKM Telur Asin DMN dapat memperluas pemasarannya.

References

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Nidia, Z. (2021). 30 Juta UMKM Bangkrut, Sisanya Bertahan dengan Digitalisasi. Republika. https://ekonomi.republika.co.id/berita/qqkg48383/30-juta-umkm-bangkrut-sisanya-bertahan-dengan-digitalisasi

Saputra, D. H. et al. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita menulis.

Siti Zaenab, & Nikmah Hadiati Salisah. (2019). Jurnal Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 9(No. 1), 52–68.

Tadius, Y., Candra, A., Wafa, Z., Akuntansi, P. S., Mercu, U., & Yogyakarta, B. (2023). MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PEDAGANG PASAR MELALUI IMPLEMENTASI E-COMMERCE PENDAHULUAN Era industri 4 . 0 memiliki dampak yang cukup besar terhadap sistem jual beli yang ada . Dari semula jual beli sekarang sudah bergeser ke sistem online . Menurut Ardy. 6(1), 146–151.

Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234

Wijoyo, H. et al. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. INSAN CENDEKIA MANDIRI

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Vira Aulia, & Zaenal Wafa. (2023). Digital Marketing Sebagai Upaya Perluasan Pemasaran Pasca Pandemi Pada Produk UMKM Telur Asin DMN. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 20–27. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1022

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.