Edukasi Akuntansi Digital Melalui Aplikasi Bukukas Pada UMKM Di Teras Malioboro 1

Authors

  • Anggreini Meylina Putri Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Endang Sri Utami Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1010

Keywords:

Akuntansi Digital, Laporan Keuangan, BukuKas, UMKM

Abstract

Laporan keuangan dalam suatu bisnis sangat penting yaitu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan serta untuk mengetahui jumlah laba atau keuntungan yang diperoleh. Laporan keuangan inilah yang nantinya menjadi dasar dalam penyusunan strategi dan pengambilan keputusan bisnis. Di era society 5.0 ini, masyarakat dituntut untuk dapat hidup berdampingan dengan teknologi, yaitu dengan cara mempelajari, menguasai dan memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, pelaku UMKM di Teras Malioboro 1 masih kurang pemahaman dan kesadaran mengenai pentingnya membuat laporan keuangan dalam menjalankan usaha. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengedukasi pelaku UMKM di Teras Malioboro 1 mengenai pencatatan laporan keuangan digital pada aplikasi BukuKas melalui pelatihan dan pendampingan, sehingga laporan keuangan dapat terorganisir dengan baik. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu 1) Survey 2) Pelaksanaan Kegiatan 3) Hasil. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa masih banyak pelaku UMKM yang mencatat laporan keuangan secara manual tulis tangan. Maka dari itu pengabdi melakukan pengabdian mengenai edukasi akuntansi digital agar mempermudah pencatatan laporan keuangan dan demi keberlangsungan usaha pelaku UMKM di Teras Malioboro 1.

References

Aisyah, S., Hrp, G. R., Hutagalung, R. A., Putri, H. D., Wulansari, I., & Padang, U. R. (2022). Pengenalan Aplikasi Buku Kas Kepada Pelaku Umkm Sekitaran Medan Pancing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 37-44.

Hanifah, R. U., & Ardiyanto, A. T. (2022). Pendampingan Penyusunan Buku Kas Sederhana Berbasis Aplikasi Pada UMKM “Happy Boy” Kendal: Pendampingan Penyusunan Buku Kas Sederhana Berbasis Aplikasi Pada UMKM “Happy Boy” Kendal. Journal of Community Service and Engagement, 2(6), 73-79.

Kanedi, I., Siswanto, S., Yupianti, Y., Sari, V. N., & Oktavia, B. (2022). Pemanfaatan Teknologi E_Commerce dalam Proses Bisnis pada Era Society 5.0. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 1(2), 99-104.

Khavidah, E., Karimah, R., Idris, I. S., & Ngibad, K. (2021, December). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Digital Menggunakan Aplikasi” Bukukas”. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian dan Pengabdian Masyarakat (SNP2M) (Vol. 1, No. 1, pp. 97-101).

Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Hakim, S., Sukmana, E. T., & Hafizi, R. (2022). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas Pada Umkm Di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(1), 35-52.

Soejono, F., Sunarni, T., Kusmawati, K., Samuel, S., & Angeliana, W. (2020). Pendampingan Usaha: Pentingnya Laporan Keuangan Dan Penggunaan Aplikasi Bukukas Untuk Laporan Keuangan Usaha. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 210-219.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Anggreini Meylina Putri, & Endang Sri Utami. (2023). Edukasi Akuntansi Digital Melalui Aplikasi Bukukas Pada UMKM Di Teras Malioboro 1. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 01–10. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1010

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.