Analisis Minat Penggunaan Digital Payment di Kota Medan

Authors

  • Ervandy Kurniawan Universitas Islam Negereri Sumatera Utara
  • Syafira Sardini Universitas Islam Negereri Sumatera Utara
  • Catur Hayati Wulandari Universitas Islam Negereri Sumatera Utara
  • Purnama Ramadhani Silalahi Universitas Islam Negereri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v1i1.653

Keywords:

digital, pembayaran

Abstract

Masyarakat kini memiliki pandangan baru untuk melakukan pembayaran nontunai yang jauh lebih praktis, sistematis, dan aman dalam melakukan segala aktivitas transaksi berkat teknologi yang kini berkembang pesat. Beberapa orang mengetahui bahwa digital payment adalah bentuk uang elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi. Dengan bantuan pendekatan technology acceptance model (TAM), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat pengguna dalam memanfaatkan pembayaran digital di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data digunakan melalui artikel, e-book atau secara via online atau melalui website-website terpercaya tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan digital payment lebih mudah dan efisien serta efektif ditambah dengan penggunaan digital payment yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, dengan menggunakan digital payment para pengguna banyak mendapat promo dan lebih murah dalam melakukan transaksi pembayaran.

References

Hanifah, T. R., & Mukhlis, I. (2022). Pengaruh Efektivitas, Hedonis, Kemanfaatan, Dan Menggunakan Layanan Shopeepay: Pendekatan Technology Acceptance Model. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(2), 69-83.

Lathief Ilhami Nasution, Muhammad, Manajemen Pembiayaan Syariah, 1st edn (Medan: Febi UIN-SU Press, 201AD)

Matondang, Asnawati (2018), ‘Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2 (2), 24–32.

Musthofa, M. A., Kurniati, R. R., Hardati, R. N., Kunci:, K., Budaya, F., Sosial, F., Pribadi, F., Psikologi, F., Sistem, D., & Uang, P. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Sistem Pembayaran Uang Digital (Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Malang). Jiagabi, 9(2), 175–184.

Nugroho, A. (2018). Regulasi Terkait Pembayaran Elektronik Di Indonesia. 6 -7.

Puspita, Y. C. (2019). Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi Ovo. Jurnal Manajemen Informatika, 09 (02), 121–128. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Robaniyah, Latifah. Heny Kurnianingsih, ‘Pengaruh Presepsi Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO’, IMAGE, 10 (2021), 53–62

Rodiah, Siti, ‘Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Generasi Milenial Kota Semarang’, Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 01 81 (2020).

Setiono, B. A. (2019). Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 9(2), 179-185.

Suralaga, Fadhila, Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran, ed. by Solicha, 2021

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 13–24.

Downloads

Published

2022-12-30