PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMBELIAN PERSEDIAAN TOKO PAK POH GEDHANG

Authors

  • Viona Eka Putri Mardiono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v1i1.650

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi,Persediaan

Abstract

Akuntansi membantu entitas mendapatkan data yang mereka butuhkan dalam bentuk satuan uang. Pembentukan sistem informasi akuntansi yang efisien Bisnis di masa depan akan membutuhkan data yang tepat yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan. Penelitian mini ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana sistem informasi akuntansi mempengaruhi keputusan pembelian persediaan di TOKO PAK POH GEDHANG. Dalam penelitian ini, wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Ada 30 orang dalam sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil yang diinginkan dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Akuntansi dapat membantu TOKO PAK POH GEDHANG dalam pengambilan keputusan pembelian persediaan. Hal ini disebabkan pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan; akibatnya, sistem informasi akuntansi disebut efektif dalam pengambilan keputusan. Metode persediaan fisik adalah metode yang digunakan toko PAK POH GEDHANG untuk mencatat persediaannya. Sistem informasi akuntansi belum pernah digunakan di toko PAK POH GEDHANG sebelumnya. Jika tujuan yang diinginkan tercapai maka penelitian ini akan dikembangkan di toko PAK POH GEDHANG. Penelitian ini akan membutuhkan data dari kartu inventaris toko PAK POH GEDHANG.

References

Romney, Marshall B dan Paul Jhon Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System). Jakarta. Salemba Empat.

Sinuraya, Tri Darma. 2014. Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan Pada PT. Karya Sari Sentosa Meda. Universitas Dharmawangsa. Medan.

Hidayat, Anwar. 2016. Pengertian Uji Heteroskedastisitas. https://www.statistikian.com/2013/01/ uji-heteroskedastisitas.html . Diakses tanggal 27 November 2018. Pukul : 17:24

Irham, Fahmi. 2016. Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Mujilan, Agustinus. 2012. Sistem Informasi Akuntansi Teori dan Wawasan dalam Dunia Ektronis. Madiun. Universitas Widya Mandala Madiun.

Puspitawati, Lilis dan Sri Dewi Anggadini. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta. Graha Ilmu

Downloads

Published

2022-12-29