PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN HARGA ‘TOKO PAK AGUS’

Authors

  • Nelya Arofatin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v1i1.649

Keywords:

Sistem informasi akuntansi, pengambilan keputusan.

Abstract

Di era modern ini, sistem informasi memiliki peran penting dalam kemajuan suatu kegiatan, khususnya dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis banyak kendala yang sering muncul bagi perusahaan kecil maupun perusahaan besar yaitu sistem transaksi yang masih manual yaitu menggunakan kertas untuk mengarsipkan data perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan kesulitan untuk mengontrol data laporan keuangan dan data transaksi. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu mengolah data transaksi dan laporan serta tentunya efektif dan bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan untuk mengatasi kendala tersebut. Sistem yang dibutuhkan adalah Sistem Informasi Akuntansi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan mengumpulkan data. Data yang diperoleh dari data primer berupa kuesioner yang telah diisi oleh sejumlah responden penelitian. Yang bertujuan untuk mengetahui peran sistem informasi akuntansi sebagai alat manajemen untuk pengambilan keputusan oleh manajemen di 'Toko Pak Agus'. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi pada 'Toko Pak Agus' telah berperan efektif dan efisien sebagai alat manajemen dalam pengambilan keputusan penetapan harga, karena sebagian besar harga untuk penjualan pada 'Toko Pak Agus' menggunakan harga yang disarankan oleh penjual resmi produk ini. Namun pengolahan data dan pencatatan laporan keuangan perusahaan pada 'Toko Pak Agus' masih menggunakan cara yang sederhana, yaitu menggunakan selembar kertas untuk mencatat transaksi dan mengarsipkan data perusahaan. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa pengambilan keputusan yang tepat adalah menetapkan harga dengan memperhatikan harga yang diberikan penjual resmi dan mengecek kenaikan dan penurunan harga pasar secara periodik serta meningkatkan kinerja perusahaan dengan bantuan sistem informasi akuntansi.

References

Adzim, F. (2017). Peranan Sistem Informasi Akuntansi sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Pengambilan Kep utusan Anggaran Biaya pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar. PERSPEKTIF: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 2(1), 173-179.

Baramuli, J. dan H. Karamoy. 2014. Evaluasi penerapan sistem informasi akuntansi penjualan pada pt, ciputra internasional manado. Accountability. 3(1):23.

Harahap, Seprida Hanum, Wahyudi, dan Surya Sanjaya. 2015. Sistem Informasi Akuntansi.Bandung. Citapusaka media.

Puspitawati, Lilis dan Sri Dewi Anggadini. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Irham, Fahmi. 2016. Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Hasen dan Mowen (2011), Manajemen Biaya. Buku II, Terjemahan Benyamin Molan, Selemba Empat, Jakarta.

Mulyadi (2011), Akuntasi Manajemen Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi 3. Salemb Empat, Jakarta.

Downloads

Published

2022-12-29