PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN IMPLEMENTASI MENGHADAPI PEMALSUAN DATA DI ERA DIGITAL PADA MASYARAKAT DESA

Authors

  • Ananta Kumala Sari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v1i1.648

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi; Teknologi; Phising

Abstract

Di era digital teknologi mulai berkembang pesat, hampir semua aspek dalam kehidupan menggunakan teknologi untuk mendapatkan informasi melalui internet. Maraknya penggunaan internet juga menimbulkan kejahatan yang berada pada dunia maya terus meningkat, salah satunya yaitu phising. Phising merupakan pesan elektronik yang mengatasnamakan entitas sah yang meminta verifikasi untuk mendapatkan identitas dari seseorang dengan teknik pengelabuhan. Kejahatan phising ini biasanya terjadi pada perusahaan keungan yang mengirimkan suatu situs web untuk dikunjungi. Metode yang digunakan dalam membuat yaitu metode studi literatur atau kepustakaan dengan menggunakan jurnal-jurnal terkait. Hasil perkembangan teknologi ini memang pesat banyak juga yang mencari informasi di internet tetapi tidak dipungkiri juga untuk masyarakat desa bagian plosok belum mengetahui adanya kejahatan ini, sehingga kita memberi arahan kepada masyarakat dengan sosialisasi terkait menggunakan internet harus berhati-hati dan teliti.

References

Fikri, A. M., Pertiwibowo, B., Fachrureza, F., Fahri, M. I., & Setyorini, ). I. (2022). Edukasi Kepada Masyarakat Terkait Cara Menghindari Phishing Melalui . Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Gulo, A. S., Lasmadi, S., & Nawawi, K. (2020). Cyber Crime dalam Bentuk Phising Berdasarkan Undang-Undang. PAMPAS: Journal Of Criminal.

Hutahaean, J. (2015). In Konsep Sistem Informas. Yogyakarta: Deepublisher.

Muda, D. I., Anwar, K., Suhaili, A., & Kartim. (2017). SISTEM INFORMASI. Medan: Madenatera.

Rachmawati, D. (2014). PHISING SEBAGAI SALAH SATU BENTUK ANCAMAN DALAM DUNIA CYBER. Jurnal Ilmiah Saintikom.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Fanasafa, I. (2022). Waspada! Kehajatan Phising Mengintai Anda. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-purwakarta/baca-artikel/14851/Waspada-Kehajatan-Phising-Mengintai-Anda.html#:~:text=Phising%20adalah%20upaya%20untuk%20mendapatkan,informasi%20kartu%20kredit%2C%20rekening. diakses 2 desember 2022

Downloads

Published

2022-12-29