Penerapan Petty Cash Dengan Metode Imprest Fund Pada STPK Matauli Tapanuli Tengah

Authors

  • Putri Amelia Pasaribu STIE Al Wasliyah Sibolga/Tapanuli Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55606/mri.v1i1.637

Keywords:

Imprest Fund; Petty Cash; STPK Matauli

Abstract

STPK Matauli atau singkatan dari Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang bergerak untuk meningkatkan pendidikan tinggi di bidang perikanan dan kelautan yang berdiri sejak tahun 2018 oleh Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti ). Petty Cash adalah sejumlah uang tunai dalam nominal yang kecil dimana mempunyai fungsi yang khusus dalam kegiatan operasional yang di jalankan secara langsung. Umumnya dipergunakan dalam bentuk transaksi kecil yang terjadi setiap harinya pada jam operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ppenerapan petty cash yang digunakan. Objek di dalam penelitian ini adalah STPK Matauli.  Adapun metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melewati wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menyatakan bahwa metode yang digunakan adalah metode imprest fund dimana dalam metode selalu tetap sesuai dengan jumlah pengisian kembali petty cash. Metode yang digunakan sudah tepat karna dengan menggunakan imprest fund, maka akan lebih mudah dalam pembuatan laporannya. Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli tidak memiliki prosedur khusus dalam pencairan dana, dikarenakan semua sistem keuangan masih dikelola oleh Yayasan Matauli. Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli hanya akan mengajukan permohonan ketika angka minimal kas sudah minim.

References

Ananda, T. (2021, Maret 16). Petty Cash. SCRIBD, 1.

Arifin, J. (n.d.). Akuntansi Pajak Ms. Excel + Cd. Elex Media Komputindo.

Aulia, T. Z., Alamsyah, S., Nurhayati, E., Yahawi, S. H., & et.al. (2021). Konsep dan Implementasi Akuntasi Comprehensive. Insania.

Aulia, T. Z., Alamsyah, S., Nurhayati, E., Yahawi, S. H., Martika, L. D., & Puspasari, O. R. (2021). Konsep dan Implementasi Akuntansi Comprehensive. Penerbit Insania.

Aziz, F., & Winarni, B. (2021). Otomatisasi Tata Kelola Keuangan SMK/MAK Kelas XII. Gramedia Widiasarana indonesia.

Damayanti, R. (2021). Pengelolaan Kas SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia.

Herry. (2021). Akuntansi Perpajakan. Gramedia Widiasarana Indonesia.

KBBI Daring Kemdikbud. (n.d.). Retrieved August 12, 2022, from KBBI Kemdikbud: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Penerapan

Pranomo, J. (2021). Otomatisasi Tata Kelola Keuangan SMK/MAK Kelas XII. Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Program Keahlian Manajemen Perkantoran (Edisi Revisi). Penerbit Andi.

Prasetyo, A. (2016). Akuntansi Keuangan Syariah: Teori, Kasus, dan Pengantar Menuju Praktik. Penerbit Andi.

Pujiasri, E., Tuginem, & Suryadi, B. (2020). Administrasi Umum untuk SMK/MAK Kelas X. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Purnawi, A. (2020). In Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (p. 67). Deepublish.

Siregar, S. A. (2019). TANYA JAWAB AKUNTANSI DASAR: (Panduan Dasar dalam Memahami Akuntansi Secara Teori dan Praktek ). BAO Publishing.

STIE Al Wasliyah Sibolga/Tapanuli Tengah. (2022). Pedoman Penulisan Skripsi. Tapanuli Tengah: STIE Al Wasliyah Sibolga/Tapanuli Tengah.

Taufiqurokhman, Wekke, I. S., Adriansyah, & Saleh, A. M. (2021). Pendidikan dalam Tinjauan Administrasi Publik: Teori & Praktik. Samudra Biru.

Downloads

Published

2022-12-29