PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA, KEANDALAN PETUGAS DAN JAMINAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA DI POLIKLINIK MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT PUSKESMAS KOTA TENGAH KOTA GORONTALO

Authors

  • Ronal Nteseo Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Abd Kadim Masaong Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Andi Akifa Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.980

Keywords:

Sarana, Kehandalan, Jaminan, Kepuasan Orang tua.

Abstract

Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) adalah suatu pendekatan yang terpadu pada penanganan balita sakit usia (0-59) bulan pada unit rawat jalan fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh ketersediaan Sarana, kehandalan dan jaminan terhadap kepuasan orang tua pada pelayanan MTBS di Puskesmas Kota Tengah. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan crossectional studi. Populasi dan sampel penelitian adalah orangtua balita yang poli MTBS puskesmas kota tengah yang berjumlah 70 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian didapatkan bahwa kepuasan orang tua dalam pelayanan MTBS 89,2% dipengaruhi oleh ketersediaan sarana, 24,7% dipengaruhi oleh kehandalan petugas dan 77,5% dipengaruhi oleh jaminan.sedangkan jaminan layanan dalam pelayanan MTBS di Puskesmas Kota Tengah 86,4% dipengaruhi olej ketersediaan sarana dan 30,8% dipengaruhi oleh kehandalan petugas.

 

 

References

Chalid, M. T. (2016). Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu: Peran Petugas Kesehatan. PT.Gakken Health Education Indonesia

Cintia (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Degan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD dr.H.Abdul Moeloek. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 2 (1). pp. 31-36. ISSN ISSN 2527-3612

Faisal, dkk (2021). Penerapan Manajemen Terpadu Balita Sakit (Mtbs) Pada Kader Posyandu Dan Masyarakat. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada MasyarakaT (PKM), P-ISSN: 2615-0921

Evisusanti (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020. Jurnal. Program Studi Ilmu Keperawatan. STIKes Awal Bros Batam

Hardiyansyah.(2018).Kualitas

Pelayanan Publik: Konsep,dimensi,

Indikator dan Implementasinya. Gava Media: Yogyakarta

Kementerian kesehatan, R. (2015). Rencana Aksi Percepatan Penurunan Angka Kematian Bayi di Indonesia.

Librianty. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan rawat jalan puskesmas bandar petalangan pelalawan tahun 2017. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017

Misnaniarti (2017). Ketersediaan Fasilitas dan Tenaga Kesehatan Dalam Mendukung Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan Nasional. Ketersediaan Fasilitas dan Tenaga Kesehatan Dalam Mendukung Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan Nasional

Muninjaya,GA. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta:

EGC

Pangarepan (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Dipoliklinikpenyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik (JKK), Volume 2 No 1 , Januari -Maret 2018.

Prihandiwati, Hayati, Saputera (2020). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Gambut. Jurnal Insan Farmasi Indonesia, 3(2) Desember 2020 (281-290)

Pohan (2017). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC

Literature. Prosiding SNaPP2017 Kesehatan, 1, 172–178

Tjiptono (2017). Service Management Mewujudkan Layanan Prima.Yogyakarta: Andi

Zainaro, Kusumaningsih, Karyanto. 2019. Hubungan Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Manajemen Terpadu Balita Sakit (Mtbs) Di Puskesmas Karya Tani Kabupaten Lampung Timur. Malahayati Nursing Journal, P- ISSN: 2655-2728

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Ronal Nteseo, Abd Kadim Masaong, & Andi Akifa Sudirman. (2023). PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA, KEANDALAN PETUGAS DAN JAMINAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA DI POLIKLINIK MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT PUSKESMAS KOTA TENGAH KOTA GORONTALO. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 173–189. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.980