HUBUNGAN INKONTINENSIA URIN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI DESA MONGOLATO KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Annisa Mauludiyah Usman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Andi Nur Aina Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fadli Syamsuddin Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.979

Keywords:

Inkontinensia, Urin, Kualitas, Tidur.

Abstract

Pada masa lanjut usia secara bertahap seseorang mengalami kemunduran, baik kemunduran fisik, mental, dan sosial. Salah satu masalah proses penuaan adalah inkontinensia urin. Inkontinensia urin adalah pengeluaran urin yang tidak terkendali pada waktu yang tidak terkendali dan tanpa melihat frekuensi maupun jumlahnya yang menimbulkan gangguan kesehatan, sosial, psikologi serta dapat menurunkan kualitas hidup bagi penderitanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan inkontinensia urin dengan kualitas tidur lansia di Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang diambil dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Hasil penelitian yang diperoleh mayoritas lansia berada pada kategori inkontinensia ringan dengan kualitas tidur baik sejumlah 26 responden atau (52%), sedangkan tidak terdapat lansia mengalami kualitas tidur buruk. Pada kategori inkontinensia sedang terdapat 22 orang lansia atau (44%) mengalami kualitas tidur buruk, sedangkan tidak terdapat lansia mengalami kualitas tidur baik, kemudia pada kategori inkontinensia  berat dengan kualitas tidur buruk sejumlah 2 orang (4%). Hasil analisa statistic dengan metode chi square diperolah nilai p = (0.003) < = 0.05 yang berarti Ha diterima. Inkontinensia Urin berhubungan dengan Kualitas Tidur Pada Lansia Di Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Lansia  dapat mencegah kejadian inkontinensia urin dengan berbagai aktivitas dari aktivitas ringan hingga olahraga ringan seperti senam kegel yang secara langsung berpengaruh terhadap kualitas tidurnya sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan derajat kesehatan lansia menjadi lebih baik.

 

 

References

Depkes RI. Pembinaan Kesehatan Olahraga di Indonesia. Depertemen Kesehatan, RI. Jakarta. (2017).

Azizah. Hubungan antara inkontinensia urin dengan depresi pada lanjut usia di Panti Wreda Dharma Bakti Pajang Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. (2013).

Tamber. Aspek keperawatan pada inkontinensia urine. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1 (1), 3-11. (2013).

Martin dan Frey. Perbedaan kualitas hidup lansia yang tinggal di komunitas dengan di pelayanan sosial lanjut usia. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, 2(1), 87-94. (2013).

Soetojo. Status gizi, penyakit kronis, dan konsumsi obat terhadap kualitas hidup dimensi kesehatan fisik lansia. Jurnal Penelitian Kesehatan, Jurusan Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, 3 (2), 20-26. (2013).

Darmojo dan Hadi Martono. Relationship between Gymnastics Exercise and Insomnia in Elderly Original Article Relationship between Gymnastics Exercise and Insomnia in Elderly’, (June). doi: 10.15850/ijihs.v6n1.1132. (2013).

Soetojo. Hubungan Olahraga, Kopi dan Merokok dengan Kualitas Hidup Wanita Menopause yang Tinggal Di Wilayah Pedesaan. Jurnal Penelitian Kesehatan, Jurusan Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (2019).

Bustan. Scottish Intercollegiate Guidelines Network, management of urinary incontinence in primary care. Scotland: Royal College of Physicians. (2018).

Pomai, Riasmini dan Hartini. (2018). Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia. Konsep dan Berbagai Strategi Intervensi. Malang. Wineka Media. (2017).

Talima. Hubungan inkontinensia urine dengan tingkat depresi pada usia lanjut di Posyandu Lansia “Flamboyan” Desa Onggobayan Ngestiharjo Kasihan Bantul. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta. (2017).

Diani. Hubungan antara inkontinensia urin dengan depresi pada lanjut usia di Panti Wreda Dharma Bakti Pajang Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. (2019).

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Annisa Mauludiyah Usman, Andi Nur Aina Sudirman, & Fadli Syamsuddin. (2023). HUBUNGAN INKONTINENSIA URIN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI DESA MONGOLATO KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 161–172. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.979