EFEKTIVITAS TERAPI SPIRITUAL MUROTTAL AL-QUR’AN DAN TERAPI DZIKIR TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN HEMODIALISA DI RSUD TOTO KABILA

Authors

  • Rendiansyah Taha Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Firmawati Firmawati Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Harismayanti Harismayanti Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.978

Keywords:

Terapi Murottal Al-Qur’an, Dzikir, Kecemasan, Hemodialisa

Abstract

Pasien yang menjalani Hemodialisa mengalami masalah fisik dan psikologi. Salah satu masalah psikologi yang timbul yakni kecemasan. Kecemasan yang timbul tidak teratasi dengan baik dapat berdampak buruk pada kualitas hidup seseorang. Salah satu terapi non farmakologi yang efektif dapat mengatasi kecemasan yakni terapi murottal Al-Qur’an dan terapi Dzikir. Tujuan penelitian untuk mengetahui Efektivitas Terapi Spiritual Murotal Al-Qur’an dan terapi dzikir terhadap penurunan tingkat kecemasan pasien Hemodialisa. Metode penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian Quasy Experimental dengan rancangan Pretest-Postest With  Two Group Design. Jumlah populasi dalam penelitian sebanyak 30 responden yaitu 15 kelompok murottal Al-Qur’an dan 15 kelompok Dzikir. Hasil penelitian didapatkan skor kecemasan sebelum dan sesudah diberikan terapi murottal Al-Qur’an dan terapi Dzikir dengan masing-masing nilai p-value = < 0,000. Terapi mendengarkan murottal Al-Qur’an dan terapi Dzikir secara statistik sama-sama mampu menurunkan tingkat kecemasan pada pasien hemodialisa, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara terapi murottal Al-Qur’an dan Terapi Dzikir. Akan tetapi secara klinis terapi dzikir lebih efektif dibandingkan terapi murottal Al-Qur’an. Maka dapat di simpulkan terdapat efektivitas terapi spiritual murottal Al-Qur’an dan terapi Dzikir terhadap penurunan tingkat kecemasan pada pasien hemodialisa di RSUD Toto Kabila. Penelitian ini di harapkan dapat menjadikan sebagai salah satu referensi terapi non farmakologi kepada pasien kecemasan yang menjalani terapi Hemodialisa.

 

 

References

Ainurmaryam Hamsyani, S.Kep. 2017. “Analisis Praktik Klinik Keperawatan Pada Klien Chronic Kidney Disease Dengan Intervensi Inovasi Relaksasi Benson Kombinasi Murottal Al-Qur’an (Qs. An-Naba’) Terhadap Kecemasan Di Ruang Hemodialisa Rsud A.W. Sjahranie Samarinda.”

Alivian, Galih Noor, Iwan Purnawan, and Danang Setiyono. 2019. “Efektifitas Mendengarkan Murottal Dan Doa Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Hemodialisa Di Rsud Wates.” Jurnal Keperawatan Sriwijaya 6 (2): 13–17.

Damanik, Hamonangan. 2020. “Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Dalam Menjalani Hemodialisa.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda 6 (1): 80–85.

Fitri. 2015. “Pengaruh Dzikir Terhadap Kualitas Hidup Pasien Hemodialisa Di RSUD Labuang Baji Makassar.”

Hastantia, Dias Wisda Hari. 2014. “Pengaruh Bimbingan Spiritual Doa Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Cuci Darah.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Eklin, Andrew. 2016. “Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Kecemasan Pada Pasien PGK Yang Menjalani Hemodialisa.”

MARTA, RESKI KASISU. 2015. “Pengaruh Tekhnik Relaksasi Otot Progresif Terhadap Kecemasan Pasien Yang Menjalani Hemodialisis Pada Ruangan Hemodialisa Di Rsud Dr Achmad Muchtar.”

Maulidia, Zahrah, and Indah Muladiatin. 2018. “Terapi Murotal Al-Quran Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea.” ARTIKEL PENELITIAN Jurnal Kesehatan 7 (1)

Oktaviani, Rizka. 2017. “Hubungan Lamanya Menjalani Terapi Hemodialisa Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Unit Hemodialisis Rsud Wates.”

Putri, Eka, Alini, and Indrawati. 2020. “Hubungan Dukungan Keluarga Dan Kebutuhan Spiritual Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Dalam Menjalani Terapi Hemodialisis Di RSUD Bangkinang.” JURNAL NERS Research & Learning in Nursing Science 4 (23): 47–55.

Rizqiea, Noerma Shovie, and Munawaroh. 2017. “Terapi Murottal Dan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik Dengan Hemodialisa Di RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.” Adi Husada Nursing Journal 3 (2): 65–70.

Saleh, Muhammad Chairil Ibnu, Dwi Martha Agustina, Lukmanul Hakim, Muhamad Afandi, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. 2018. “Pengaruh Murottal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Jantung.” Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) 001 (2): 148

Twistiandayani, R., and A. R. Prabowo. 2021. “Terapi Mendengarkan Murottal Al-Qur’an Surat Al-Fatihah Dan Surah Ar-Rahman Terhadap Stres, Kecemasan, Dan Depresi Pada Pasien CKD V Yang Menjalani Hemodialisis.” Journals of Ners Community 12 (1): 95–104

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Rendiansyah Taha, Firmawati Firmawati, & Harismayanti Harismayanti. (2023). EFEKTIVITAS TERAPI SPIRITUAL MUROTTAL AL-QUR’AN DAN TERAPI DZIKIR TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN HEMODIALISA DI RSUD TOTO KABILA. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 149–160. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.978