Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi Pada Usia Pra Sekolah Di Ruang Perawatan Anak RSUD Tani Dan Nelayan Boalemo

Authors

  • Andi Akifa Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Dewi Modjo Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Rahmat Abdul Azis Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.974

Keywords:

Kecemasan, Hospitalisasi, Mewarnai, Pra Sekolah

Abstract

Pada anak usia prasekolah, apabila anak mengalami kecemasan tinggi saat dirawat di rumah sakit kemungkinan anak akan mengalami disfungsi perkembangan, maka dari itu perlu adanya penanganan untuk mengatasi kecemasan yaitu dengan terapi bermain mewarnai. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi bermain mewarnai terhadap tingkat kecemasan efek hospitalisasi pada usia pra sekolah di ruang perawatan anak RSUD Tani dan Nelayan Boalemo. Jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian dengan metode Pra-Eksperimental. Populasi anak usia pra sekolah yang di rawat di ruang perawatan anak RSUD Tani dan nelayan Boalemo 48 orang anak. Sampel berjumlah 16 orang dengan cara Non Probability Sampling dengan jenis Accidental Sampling. Instrumen yang digunakan adalah Zung-Self Rating Anxiety Scale (ZSAS) dan SOP terapi bermain mewarnai. Uji statistik menggunakan paired t-test. Hasil yang diperoleh rata-rata tingkat kecemasan sebelum 6.13 dan sesudah 3.25, serta nilai signifikan yaitu 0.000 (<α0.05). Disimpulkan, adanya pengaruh terapi bermain mewarnai terhadap tingkat kecemasan efek hospitalisasi pada usia pra sekolah di ruang perawatan anak RSUD Tani dan Nelayan Boalemo.

References

Supartini. (2012). Buku Ajar Dasar Keperawatan Anak. EGC.

Nelson. (2013). Ilmu Kesehatan Anak Esensial. Elsevier.

Alimul, H. (2015). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Salemba Medika.

Hockenberry, M. J., Wilson, D., & Rodgers, C. (2018). Maternal Child Nursing. Elsevier.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Badan Pusat Statistik.

Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar terhadap Kecemasan Hospitaslisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 101.

Purwanti. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Sosial Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(5).

Rahmanita, M. P., Triana, N., & Supardi. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah yang Mengalami Hospitalisasi Di Ruang Edelweis RSUD dr.M.Yunus Bengkulu. Jurnal Sains Kesehatan, 27(2), 19–24.

Norton, D., & Westwood. (2012). The Health- Care Environtment Through The Eyes Of A ChildNo Title. International Journal of Nursing Practice, 18(1), 7–11.

Wong, D. L. (2013). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. EGC.

Khairani, A. I., & Olivia, N. (2018). Pengaruh Hospitalisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Preschool Di Rumah Sakit Tk Ii Putri Hijau Kesdam I/Bb Medan. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, 3(2), 82. https://doi.org/10.34008/jurhesti.v3i2.49

Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Penerapan Terapi Bermain Anak Saki: Proses, Manfaat dan Pelaksanaannya. Forum Ilmiah Kesehatan.

Siwahyudati. (2017). Hubungan Frekuensi Hospitalisasi dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Sekolah di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayatullah, R., & Permatasari, I. (2020). Terapi Bermain Puzzle dan Playdough untuk Mengatasi Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah (3-6) Tahun. Madza Media.

Novayelinda, R., Hasanah, O., & Indriati, G. (2017). Perbandingan Respon Kecemasan Antara anak Usia Toddler dengan Anak Usia Sekolah Saat Hospitalisasi. Jurnal Ners Indonesia, 7(2), 49–54.

Asmarawanti, & Lustyawati, S. (2020). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun). Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Keperawatan, 83–92.

Gerungan, N. (2020). Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Dirawat Di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 105–113.

Marni, M., Ambarwati, R., & Hapsari, F. N. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan GSH, 7(1), 24–29.

Andi Akifa Sudirman., Modjo, D., Firmawati, & Kulsum, U. (2019). Efektifitas Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah. Prosiding Seminar Nasional 2018, 215–224.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Andi Akifa Sudirman, Dewi Modjo, & Rahmat Abdul Azis. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi Pada Usia Pra Sekolah Di Ruang Perawatan Anak RSUD Tani Dan Nelayan Boalemo. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 100–112. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.974