Hubungan Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Interna 3 Rumah Sakit Umum Daerah Tani Dan Nelayan Kabupaten Boalemo

Authors

  • Yolla Oktavia Pangau Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Sabirin B Syukur Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Hamna Vonny Lasanuddin Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.973

Keywords:

Pengetahuan, Asuhan Keperawatan, Kepuasan Pasien

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis Hubungan Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Interna 3 RSUD Tani Dan Nelayan Kab.Boalemo. Jenis penelitian adalah penelitian Survei Analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dengan jumlah populasi 116 Orang kemudian di ambil sampel menjadi 54 responden menggunakan rumus Slovin, dengan criteria inklusi dan ekslusi dan alat ukur kuesioner, variable bebas yaitu Asuhan keperawatan dan variable terikat Kepuasan Pasien. Analisis data pada penelitian ini mengguakan uji Chi Square dengan nilai ρ – value sebesar 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada hubungan signifikan antara Pelaksanaan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di rang rawat inap interna 3 RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo.

References

Agus, K. (2014). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Yogyakarta. In Nuha Medika.

Aprilia, Samsir, F., & Pramadewi, A. (2016). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Arini, A. (2016). Hubungan kinerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap penyakit dalan RS Pertamina Bintang Amin Bandar lampung. Jurnal Kesehatan Holistik Volume 10 No 4. Universitas Malahayati Bandar Lampung.

Astuti, P. P. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di RS PKU Muhammadiyah Bantul. In Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Awaluddin, M. U. (2017). Analisa Peran Dan Fungsi Profesi Tenaga Perawat Dan Bidan Dalam Mendukung Peningkatan Kesehatan Ibu Dan Anakdi Rsud Labuang Baji Makassar.

Budiono. (2016). Konsep Dasar Keperawatan.

Butar-butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia.

Firawati, Marlyn, Adventina, & Agus. (2020). Konsep Dasar Keperawatan (Ke-1 (ed.)).

Hutaheaan, S. (2020). Standar Kompetensi Kerja Perawat (ke-1).

Imronhasan. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Kelas Iii Di Ruang Rawat Inap RSUD dr.R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.

M, B. H. (2017). Manajemen keperawatan (Konsep dan Aplikasi dalam praktik keperawatan professional). In Yogyakarta. Pustaka Baru.

Nursalam.. (2015). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Keperawatan Profesional Ed 5. Jakarta: Salemba Medik.

Nursalam. (2007). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Keperawatan Profesional Ed.2. Jakarta: Salemba Medik.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Keperawatan Profesional Ed.3. Jakarta: Salemba Medik.

Putra S A, W. F. Y. (2017). Hubungan pelaksanaan asuhan Keperawatan dengan Kepuasan pasien pengguna kartu BPJS di ruang rawat inap ZAL Bedah RSUD DR. Ahmad Muhtar Bukit Tinggi. Stikes YARSI Sumbar. Bukit Tinggi.

Ritonga, N. (2018). Hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD Rantau Prapat Kab.labuhan ratu 2017. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Sekretariat Negara. (n.d.).

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Yolla Oktavia Pangau, Sabirin B Syukur, & Hamna Vonny Lasanuddin. (2023). Hubungan Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Interna 3 Rumah Sakit Umum Daerah Tani Dan Nelayan Kabupaten Boalemo. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.973