HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AZZAHRA BOALEMO

Authors

  • Andi Akifa Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Dewi Modjo Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Yuyun Nasir Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.966

Keywords:

Anak, Perkembangan, Pra Sekolah, Smartphone

Abstract

Masa usia pra sekolah merupakan masa emas, dimana perkembangan seorang anak mengalami perubahan yang sangat berarti, anak usia pra sekolah yang menggunakan smartphone dalam frekuensi yang sering dapat mengalami perkembangan yang tidak sesuai. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone dengan perkembangan anak usia pra sekolah di TK Azzahra Boalemo. Desain penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi anak usia pra sekolah di TK Azzahra Boalemo sejumlah 50 siswa. Sampel berjumlah 33 orang dengan teknik accidental sampling. Instrument yang digunakan kuesioner dan lembar observasi KPSP. Uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil yang diperoleh penggunaan smartphone kategori tidak pernah mayoritas perkembangan anak sesuai sebesar 30.3%, penggunaan smartphone kategori kadang-kadang mayoritas perkembangan anak merugikan sebesar 45.4% dan penggunaan smartphone kategori sering memiliki perkembangan anak yang meragukan sebesar 3%, hasil uji statistik chi-square yaitu 0.005. Disimpulkan penggunaan smartphone berhubungan dengan perkembangan anak usia pra sekolah di TK Azzahra Boalemo.

 

References

Izzati, A. D., Nikmah, D., Nur, E., Isnina, R., Sholikhah, M. P., Aisah, S., Azizi, M. R., Akhrufi, I., Sofiatun, S., & Asyari, A. B. (2022). Analisis Dampak Teknologi Modern Terhadap Masalah Lingkungan. Alinea Media Dipantara.

Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Jakarta: Serayu Publishing.

Kadata Media Network. (2020). Jumlah Pengguna Smartphone Dunia.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Data Series Subyek Kependudukan.

Ayu, F., Sunaryo, M., & R, M. N. (2020). PENGARUH GADGET Pada ANAK-ANAK (Vol. 1).

Wulan, S., Saraswati, E., Setiawan, D., & Hilyana, F. S. (2021). Dampak Penggunaan Smartphone pada Perilaku Anak Di Desa Muktiharjo Kabupaten Pati.

Zakiah, I., & Ritanti. (2021). Kecanduan Game Online Pada Remaja Dan Penanganannya. Bandung: Media Sains Indonesia.

Derry, Iswidharmanjaya Beranda, A. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor-faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Tasikmalaya: Bisakimia.

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Malang: Universitas Brawijaya.

Indriawan, I., & Wijiyo, H. (2020). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta:Rineka.

Heni, H., & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Adinda, R., Isni, F., & Anugrah, D. (2021). Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan ,. Proceedings, Vol: I No:(November), 1–17. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/538/478

Ali, M. C. (2019). Gambaran Perilaku Anak dalam Kecanduan Memainkan Game Online. Karya Ilmiah Diploma III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahman, H., Kurniasari, N., Kencana, R., Purwasih, W., Mentari, E. G., Muttaqin, M. A., … Lestari, P. (2020). Assesmen Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Rahman, R., Modjo, D., & Andi Akifa Sudirman. (2023). Gambaran Pencapaian Perkembangan Anak Di PAUD Pembina Kelurahan Lekobalo. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(1), 52–61.

Kusumaningrum, P. R., Khayati, F., & Wicaksana, A. R. (2021). Gambaran Perkembangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK RA Hidayatul Qur’an. Prosiding Seminar …, 56, 1444–1452. Retrieved from https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/917/924

Jamun, Y. M., Heronimus, Wejang, A., & Ngalu, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Sma Di Kecamatan Langke Rembong. Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–2.

Pranoto, Y. K., Nafisah, A. D., Rachman, B., Setywati, A., Sirhati, D., Haura, F., & Tafrihah. (2022). Dinamika Emosi Anak Usia Dini. Bojong: Nasya Expanding Management.

Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Andi Akifa Sudirman, Dewi Modjo, & Yuyun Nasir. (2023). HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AZZAHRA BOALEMO. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 80–89. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.966