FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM MENCEGAH KECELAKAAN YANG TIDAK DIINGINKAN (KTD) DI RSUD Dr. M.M. DUNDA LIMBOTO

Authors

  • Sabirin B. Syukur Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Rona Febriyona Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Paramita Husain Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.962

Keywords:

Beban Kerja, KTD, Lingkungan, Pendidikan

Abstract

Insiden keselamatan pasien terus mengalami peningkatan setiap tahun, kecelakaan yang tidak diinginkan (KTD) meningkat tiap tahunnya, hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu pendidikan perawat, beban kerja dan lingkungan kerja. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dalam mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan (KTD) Di RSUD Dr.M.M.Dunda Limboto. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini perawat di ruangan Bedah dan Interna RSUD Dr.M.M.Dunda Limboto sebanyak 42 orang. Sampel berjumlah 42 orang dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil yang diperoleh ada pengaruh faktor pendidikan (p-value 0,019), beban kerja (p-value 0,016) dan lingkungan kerja (p-value 0,003) dengan keselamatan dan kesehatan kerja dalam mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan di RSUD Dr.M.M.Dunda Limboto. Diharapkan pendidikan, beban kerja dan lingkungan kerja dapat mempengaruhi penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dalam mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan.

 

References

Kusumaningsih, D., Ricko Gunawan, M., Zainaro, M. A., & Widiyanti, T. (2020). Hubungan Beban Kerja Fisik Dan Mental Perawat Dengan Penerapan Pasien Safety Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Upt Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pesawaran. Indonesian Journal of Health Development, 2(2), 108–118.

Albyn, D. F., Making, M. A., Iswati, Selasa, P., Rusiana, H. P., Sapwal, M. J., Primasari, N. A., Shodiqurrahman, R., Badi’ah, A., Istiqomah, S. H., Fajriyah, N., Rifai, A., Isnaeni, L. M. A., & Anwar, K. (2022). Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja. Media Sains Indonesia.

Pasinringi, S., & Rivai, F. R. (2022). Budaya Keselamatan Pasien dan Kepuasan Kerja. Nas Media Pustaka.

Yulidar, Y., Girsang, E., & Nasution, A. N. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perawat dalam rangka penerapan pasien safety di Rawat Inap Rumah Sakit Royal Prima Jambi Tahun 2018. Scientia Journal, 8(1), 369–380.

Nurhayati. (2021). Keselamatan Pasien dan Kesehatan Kerja Dalam Keperawatan. Syiah Kuala University Press.

Simarmata, J., Makbul, R., Mansida, A., & Muh, L. ode. (2022). Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yayasan Kita Menulis.

Putri, N. R. I. A., Suratmi, Handayani, P. A., Rahmawati, A. N., Laila, N., Septianingyyas, M. C. A., Suriyani, Kushayanti, N., Vianitati, P., & Nofianti. (2022). Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan. Rizmedia Pustaka Indonesia.

Dwiari, K. E., & Muliawan, P. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Rumah Sakit Umum Kota Denpasar. Arc Com Health, 6(2), 17–29.

Sari, S. M., Ennimay, & Risyandi, F. (2022). Mengenal dan Mengkaji Beban Kerja Perawat Di Rumah Sakit. CV Global Aksara Press.

Setiyawan, A. E. (2020). Gambaran Beban Kerja Perawat Di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(340), 38–46.

Kamal, N., Sumiyati, S., & Purnama, R. (2018). Gambaran Lingkungan Kerja, Komunikasi Kerja dan Semangat Kerja Perawat Rumah Sakit Umum Paru Dr.H.A.Rotinsulu Bandung. Journal of Business Management Education (JBME), 3(3), 34–44.

Kaslam, P., Widodo, D., Satari, H. I., Karuniawati, A., & Kurniawan, L. (2021). Buku Pedoman Pencegahan Pengendalian Infeksi. UI Publishing.

Hanifa, N. D., Respati, T., & Susanti, Y. (2017). Hubungan Pengetahuan dengan Upaya Penerapan K3 Pada Perawat. Bandung Meeting on Global Medicine & Health, 1(22), 144–149. https://proceeding.unisba.ac.id/index.php/BaMGMH/article/view/1483/pdf

Lewarherilla, N. C., Sriagustini, I., Kusmindari, C., Setiawan, H., Puspandhani, M. E., Saptaputra, S. K., Wahyurianto, Y., Della, R., Akibar, H., Pramana, C., Pasmawati, Y., Erick, Y., Dewadi, F. M., & Widiastuti, F. (2022). Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Media Sains Indonesia.

Wicaksana, K. A., Pertiwi, W. E., & Rahayu, S. (2022). Determinan Persepsi Perawat Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit. 107–112.

Nurhayati. (2021). Keselamatan Pasien dan Kesehatan Kerja Dalam Keperawatan. Syiah Kuala University Press.

Amelia, A. R., Halim, I. P., Baharuddin, A., Ahri, R. A., Semmaila, B., & Yusuf, R. A. (2022). Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Kejadian Tidak Diharapkan. Jurnal Keperawatan, 14(2), 499–512.

Sofiantika, D., & Susilo, R. (2020). Hubungan Beban Kerja dan Lingkungan Kerja dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Perawat Ruang Rawat Inap Di RSUD Banyumas. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah September 2020.

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Sabirin B. Syukur, Rona Febriyona, & Paramita Husain. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM MENCEGAH KECELAKAAN YANG TIDAK DIINGINKAN (KTD) DI RSUD Dr. M.M. DUNDA LIMBOTO. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 34–45. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.962