EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PENGELASAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA MASYARAKAT (STUDI KASUS ALUMNI PELATIHAN UPT BLK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2020)

Authors

  • Musdiansyah putra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.713

Keywords:

Efektivitas, Pelatihan, Pengelasan

Abstract

Di negara indonesia ini, permasalahan ketenagakerjaan ini memiliki berbagai permasalahan, di antaranya ialah kepercayaan diri yang kurang, kualitas tenaga kerja yang rendah serta lapangan pekerjaan yang sulit hingga berimplikasi terhadap krisis global. Namun, tidak melibatkan upaya pengembangan sumber daya manusia yang bertalenta dan berdaya saing di tengah permasalahan yang kompleks. Kondisi kondisi kerja di Indonesia tentunya akan semakin memburuk. Dengan demikian, segala bidang perlu pembenahan diri baik dari segi kualitas maupun kuantitas pekerjaan, salah satunya adalah bidang teknologi las. UPT Praktek Kerja Kabupaten Deli Serdang, sebagai instansi pemerintah yang mengadakan beberapa jenis pelatihan,  yang di antaranya ialah berupa teknik pengelasan, yang mana ini dianggap akan dapat menyebabkan proses dalam mengembangkan sektor ketenagakerjaan ini semakin cepat. Penelitian ini tujuannya ialah agar dapat mengetahui pelaksanan dari pelatihan untuk keterampilan dari las listrik untuk menaikkan persaingan dan kapasitas dari para tenaga kerja tersebut. Jenis penelitian ini terintegrasi secara kualitatif dan kuantitatif. Topik penelitian sebanyak 10 responden, terdiri dari 10 peserta pelatihan. Observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi sebagai sarana pengumpulan data, dan data yang terkumpul ini dilakukan pengolahan dan penganalisisan dengan mempergunakan rumus koefisien korelasi product-moment. Hasil survey menunjukkan bahwa pelatihan las memberikan pengaruh signifikan terhadap kualitas tenaga kerja masyarakat dalam peningkatan kualitas tenaga kerja masyarakat di Balai Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Kabupaten Deli Serdang.

References

Alex, Sobur. 2003. Psiologi Umum. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian, Edisi revisi V. Jakarta. Rineka Cipta.

Dessler, Gary. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Prenhallindo.

Edwin B. Tipo (1988) Berbagai macam bentuk pembinaan Tenaga Kerja

Furtwengler, Dale. 2002. Penuntun Sepuluh Menit Penilaian Kinerja: Menguasai Keahlian yang Anda Perlukan dalam Sepuluh Menit. Yogyakarta.

Gomes, Faustino. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Y ogyakarta. Andi Tjiptaharyanto Prijono, (1989) Untaian Pengembangan Sumber DayaManusia. Yogyakarta: BPF.

Hamalik, Oemar. 2005. Pengembangan Sumber Daya dan Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi Aksar

Kusnadi, I. H. (2019). Efektifitas Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja di Kabupaten Subang. The World of Public Administration Journal, 103-124.

Maesyarah, A. A. (2018). Analisis Efektivitas Peran Balai Latihan Kerja (BLK) Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja menurut Prespektif Ekonomi Islam (Study Pada UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kalianda) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Salsabila, S. I., & Hertati, D. (2022). Efektivitas Program Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja di UPTD BLK Kabupaten Kotawaringin Timur. PERSPEKTIF, 11(4), 1360-1368.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Musdiansyah putra, & Siti Aisyah. (2023). EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PENGELASAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA MASYARAKAT (STUDI KASUS ALUMNI PELATIHAN UPT BLK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2020). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 164–170. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.713

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.