Analisis Pengaruh Fasilitas Kampus dan Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek
DOI:
https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.710Keywords:
fasilitas kampus; pelayanan akademik; kepuasan mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas kampus dan pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek dengan rumus slovin didapatkan sampel sebesar 116 mahasiswa. Instrumen penelitian ini meggunakan kuesioner dengan lima klasifikasi skala likert. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y= 1,619 + 0,390 X1 + 0,684 X2 + ε. Dari persamaan ini menunjukkan terjadihubungan positif antara fasilitas kampus dan pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Kenaikanfasilitas kampus dan pelayanan akademik akan diikuti dengan peningkatan kepuasan mahasiswa, begitupula sebaliknya. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa fasilitas kampus pelayanan akademik berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek sebesar 56,8% dan sisanya 43,2% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
References
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang:Undip
Hariyanto. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangeran Banten. Jurnal Vijjacariya. IV(I):1-14.
Kolter, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran Edisi Millenium, Jilid 1. Jakarta: PT. Prenhallindo
Kurbani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Fasilitas Pendidikan
Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah Pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika. 13(4): 22-35.
Larasati, D. Pratignyo, L.S. & Sofiyat, A.L. (2022). Pengaruh Fasilitas Kampus Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Metode SEM. Jurnal Baut dan Manufaktur. 04(1): 42-46.
Mongkaren. S. (2013). Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 1(4): 462-581.
Nastiti, U.D. (2015). Pengaruh Layanan Mengajar Dosen dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Pasundan. Jurnal Administrasi Pendidikan. XXII(1): 1-13.
Nasution. 2005. Manajemen Produksi. Jakarta : Gramedia
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulastiyono. (2009). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tampubolon. D. P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen endidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono.F. (2009) Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi
Wahyuningrum. 2010. Manajemen Fasilitas. Jakarta: Decentralized Basic Education.