DAMPAK PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MAKANAN PADA UMKM DI LAUT DENDANG KEC. PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Nur Ainun Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lidia Nova Lista Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fajar Daniel Samosir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Purnama Ramadani Silalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.707

Keywords:

Digital Marketing,Penjualan, UMKM

Abstract

Di tengah era globalisasi saat ini, tingkat perkembangan teknologi telah memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna media sosial di berbagai bidang. Tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk berkomunikasi dan bertukar kabar, tetapi pengguna media sosial dapat menggunakannya untuk bisnis dan jual beli. Dalam riset ini peneliti melakukan penelitian guna mendapatkan hasil tenntang hal ang ingin diteliti terkait dengan penggunaan digital marketing dalam meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM, dimana peneliti menggunakan metode kualitatif dimana teknik yang digunakan dalam riset ini adalah reduksi data, penyajian data dan penararikan kesimpulan. Dimana dampak positif dari Media sosial itu sendiri yang bisa memudahkan manusia untuk menyebarkan berita dengan mudah dan cepat, memperluas pergaulan, memudahkna dalam melakukan bisnis dan sebagainya.

 

References

Febriyantoro Mohamad Trio, Arisand Debby , ‘’Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’’, Jurnal Manajemen Dewantara, Vol 1 No 2h. Halaman 62 -76, Desember 2018

Dewi Radix Primai,’’ Sosial media sebagai sarana jual beli online’, Jurnal

Yanti Dewi,’’Pemanfaatan Digital Marketing dalam Industri Perhotelan di Kota Medan’’ Jurnal Akomodasi Agung,Vol.6. No.2, 2019.

Sulaksono Juli ,Zakaria Nizar,’’ Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri’’, Generation Journal ,Vol.4 No.1, Januari 2020.

Suci Yuli Rahmini ,’’PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA’’,Jurnal

Utami Astri Putri,dkk,’’UMKM Sebagai Peningkatan Pembangunan Ekonomi Bangsa Indonesia’’, Jurnal Manajemen Akuntansi, Vol. 2 No. 4 Oktober 2022

Karim Abdul , dkk,’’ Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu’’ Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG)– Vol. 2, No19, (2022)

Jannatin N Rahmatul ,dkk,’’ Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran’’, Jurnal Impact: Implementation and Action Volume 2, Nomor 2, 2020.

Rudi,Penjual Bubur ayam, wawancara 15 Des 2022

Agus, Penjual Duren kocok 77, wawancara 17 Des, 2022

Dini , Penjual Dimsam,, wawancara 17 des 2022

Harto Dedy, dkk, ‘’Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM’’, Jurnal Pengabdian Pembrdayaan Masyarakat,Volume 3 No. 1 Maret 2019.

Rengganawati Hana, Taufik Yuyun,’’ Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan’’, Jurnal Komunikasi Universal, Volume 6 Nomor 1 (2020) 28-50

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Nur Ainun Siregar, Lidia Nova Lista, Fajar Daniel Samosir, & Purnama Ramadani Silalahi. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MAKANAN PADA UMKM DI LAUT DENDANG KEC. PERCUT SEI TUAN. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 121–130. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.707

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)