PERAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL DALAM MENINGKATKAN SEKTOR PEREKONOMIAN DI INDONESIA

Authors

  • Muhammad Iqbal Universitas Negeri Islam Sumatera Utara
  • Dhea Savitri Universitas Negeri Islam Sumatera Utara
  • Lailan Nur Universitas Negeri Islam Sumatera Utara
  • Risfa Dwi Andini Universitas Negeri Islam Sumatera Utara
  • Purnama Ramadani Silalahi Universitas Negeri Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.699

Keywords:

Multinasional, Perusahaan, Perekonomian

Abstract

Perusahaan multinasional memiliki keterlibatan dalam sector perekonomian suatu negara karena memiliki entitas yang penting dalam menyerap tenaga kerja hingga meningkatkan pendapatan per kapita suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peranan secara rinci dari perusahaan multinasional yang dapat memunculkan dampak tertentu bagi perekonomian di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data studi pustaka melalui beberapa referensi serta informasi dari lembaga terkait dengan perekonomian di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan perusahaan multinasional menimbulkan efek positif serta efek negative. Dari sisi positif, peranan perusahaan multinasional dapat memberikan kesempatan yang tepat bagi Indonesia untuk mengembangkan sector perekonomian negara dengan adanya sumbangsih devisa negara. Selain itu, Indonesia akan makin dikenal oleh negara lain karena negara lain percaya bahwa Indonesia dapat meningkatkan investasi asing karena latar belakang potensi sumber daya Indonesia yang melimpah dan penekanan pada upah pekerja di negara berkembang seperti Indonesia. Di sisi negative, apabila pemerintah Indonesia tidak memberikan penekanan pada perusahaan multinasional mengenai regulasi internal perdagangan dan industri di Indonesia maka akan mempersempit peluang perusahaan domestic dalam bersaing di negara sendiri.

References

Abdul Rahman Suleman, H. M. P. S., Pawer Darasa Panjaitan, Edwin Basmar, D. D., Pinondang Nainggolan, A. S., A. Nururrochman Hidayatulloh, B. P., & Nainggolan, L. E. (2021). Perekonomian Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Edwin Basmar, Bonaraja Purba, Nur Arif Nugraha, E. P. dkk. (2021). Perekonomian dan Bisnis Indonesia. In Yayasan Kita Menulis (Vol. 1, Issue 69).

Elyta, E., & Nuzulian, U. (2020). Diplomasi Indonesia Berbasis Program Cross Border Tourism dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Insignia: Journal of International Relations, 7(1), 1. https://doi.org/10.20884/1.ins.2020.7.1.2026

Hartanto, H. (2018). Strategi Perusahaan Multinasional Di Era Globalisasi (Studi Kasus Glokalisasi Dalam Ekspansi “Indomie” Ke Pasar Timur Tengah Dan Afrika). Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(5), 681–692. https://doi.org/10.47313/ppl.v3i5.400

Januar Heryanto. (2003). Peranan Multinational Corporations Dalam Industrialisasi Di Indonesia Pada Era Orde Baru. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), pp.17-24. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/15630

Pratiwi, P. R. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Multinasional Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi Perusahaan Multinasional Pengakuisisi di Bei). E-Jurnal Manajemen, 6(1), 235–263.

Risal, M. (2015). Multinational Corporations (MNC) Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Interdependence, 3(1), 1–14. www.kaltimprov.go.id,

Sari, W. A., Handayani, S. R., & Nuzula, N. F. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan (Studi Komparatif pada Perusahaan Multinasional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia Tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2), 74–83.

Suprijanto, A. (2011). Dampak Globalisasi Ekonomi Terhadap. Jurnal Ilmiah CIVIS, I(2), 100–119. journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/download/592/542

Titisari, K. H. (2017). Praktek Corporate Social Responsibility (Csr) Di Perusahaan Multinasional. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.23917/reaksi.v2i1.3497

Triwastuti, R. (2017). Strategi Perluasan Pasar oleh Perusahaan Multinasional: Studi Kasus pada Harley Davidson. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 1(2), 113–123. https://e-journal.unair.ac.id/TIJAB/article/view/12003

Youngster. (2021). Generasi Z Memiliki Peran Penting Bagi Perekonomian di ASEAN. Youngster.Id. https://youngster.id/news/generasi-z-memiliki-peran-penting-bagi-perekonomian-di-asean/#:~:text=“Pengembangan sektor-sektor ekonomi kreatif telah banyak dilakukan dengan,Indonesia dan selanjutnya akan menjadi raksasa ekonomi global.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Muhammad Iqbal, Dhea Savitri, Lailan Nur, Risfa Dwi Andini, & Purnama Ramadani Silalahi. (2023). PERAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL DALAM MENINGKATKAN SEKTOR PEREKONOMIAN DI INDONESIA . CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 64–76. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.699

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)