ANALISIS BENTUK LAPORAN KEUANGAN DAN EFEKTIVITAS LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM (Studi Kasus Rumah Makan Nur Desa Sei Rumbia)

Authors

  • Budi Dharma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Maya Amelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Melati Devyana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.681

Keywords:

Bentuk laporan keuangan, efektivitas laporan keuangan, UMKM.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bentuk-bentuk penyajian laporan keuangan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Rumah Makan Nur Desa Sei Rumbia dan mengetahui efektivitas laporan keuangan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Rumah Makan Nur Desa Sei Rumbia. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Bentuk Laporan keuangan yang digunakan oleh UMKM Rumah Makan Nur Desa Sei Rumbia ini menggunakan bentuk Laporan Bisnis dimana pada laporan ini hanya didasari dengan pemahaman pemilik UMKM sendiri yang menurutnya benar dan mudah untuk memahami perkembangan usaha yang dimilikinya, sedangkan Efektivitas Laporan keuangan yang telah dibuat oleh UMKM Rumah Makan Nur Desa Sei Rumbia menurut pemilik rumah makan ini sudah efektif artinya tujuan mereka membuat laporan keuangan telah tercapai yaitu informasi yang ingin didapatkan dari laporan keuangan yang telah dibuat telah dicapai.

References

Arif, Abubakar dan Wibowo. 2004. Akuntansi untuk Bisnis Usaha Kecil dan Menengah, Jakarta: Grasindo.

Feni, Imam dan Ainul. 2013. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 1, No 6.

Harahap Sofyan S. 2007. Analitis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ikatan Akutansi Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akutansi Keuangan. Jakarta: Dewan Standar Akutansi Indonesia Ikatan Akutansi Indonesia

Kasmin. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Bandung : Alfabeta.

Mattoasi. 2020. Efektivitas Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Desa Biluango Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik

N. South, J. Tinangon dan S. Rondonuwu. 2016. Pengukuran Efisiensi Dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Dinas Pengelola Keuangan, Pendapatan Dan Aset (Dpkpa) Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 1.

Rosadi, Samsul. 2014. Analisis Bentuk-Bentuk Laporan Keuangan Dan Efektivitas Laporan Keuangan Pada Umkm (Studi Kasus pada UMKM kelompok Perajin Kuningan di Kecamatan Juwana Tahun 2011). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informas. Vol. 10, No1.

Rustanto, E.K, Suseno, D dan Sriwidodo, U. 2020. Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pemerintah Kota Surakarta Tahun Anggaran 2014-2018. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol. 14.

Sabrina, D. 2015. Analisis Efesiensi Dan Efektivitas Laporan Realisasi Anggaran Belanja Langsung Pada Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jurnal Mitra Manajemen. Vol. 2, No 6.

Sujarweni, Wiratna. 2015. Akuntansi Sektor Publik, Penerbit Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Tambunan, Bernard Paulinus M. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Pada Satuan Kerja (Satker) di Lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

https://www.jurnal.id/id/blog/komponen-laporan-keuangan-menurut sak/#:~:text=Menurut%20Standar%20Akuntansi%20Keuangan%20atau,catatan%2C%20dan%20laporan%20lain)

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Budi Dharma, Amelia, M., & Melati Devyana. (2023). ANALISIS BENTUK LAPORAN KEUANGAN DAN EFEKTIVITAS LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM (Studi Kasus Rumah Makan Nur Desa Sei Rumbia). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 42–53. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.681

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.