PENINGKATAN PENDAPATAN SENTRA INDUSTRI KERIPIK UBI MELALUI TIKTOK SHOP

Authors

  • Wanmelia Gusdini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Shinta Mawadda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dewianna Sari Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Purnama Ramadani Silalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.666

Keywords:

Sentra industri, Tiktok Shop, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan pendapatan sentra industri keripik ubi melalui tiktok shop. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer digunakan melalui wawancara. Dengan responden yang diwawancarai sebanyak 3 orang. Sementara data sekunder yang digunakan melalui artikel, e-book atau secara via online atau melalui website-website terpercaya tertentu. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Ubi Melalui Tiktokshop menyatakan bahwa Tiktok shop yang menjadi salah satu platform trending yang banyak diakses oleh para pengguna smartphone membuat sentra industri keripik ubi mengalami peningkatan pendapatan. Dengan menggunakan aplikasi Tiktok shop, membantu sentra industri keripik ubi dalam memperkenalkan dan mempromosikan produknya hingga ke luar kota. Pekerja sentra industri keripik ubi harus mampu memanajemen waktunya untuk melakukan live dalam aplikasi tik tok shop yang nantinya akan membuatnya menjadi FYP (For You Page). Pendapatan sentra industri keripik ubi mengalami peningkatan yang signifikan hingga mencapai target pasar yang diinginkan.

 

 

References

Arrofi, A. H. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua–Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online , 204.

Hariyanti. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kripik Jamur Tiram. Al Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business , 138.

Pardede, E. Y. R., & Simanjuntak, M. (2022). Penguatan Pemasaran Digital UMKM Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Keripik Cap Rumah Adat Minang, UD Rezeki Baru). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 9(2), 119-113.

Rachma, N., & Fahrurrozirahman, F. (2022). Analisis Pemanfaatan Pemasaran Di Media Sosial Dan Marketplace Dalam Meningkatkan Penjualan Penjualan Di Masa Pandemi Pada UMKM Industri Rumahan Di Desa Karang Kedawang Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 7(1), 1-26.

Rane, M. K. D., Hendrik, N., & Si, M. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk Melalui Digital Content Creator Bagi UMKM Di Kelurahan Oesapa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol, 3(1).

Sa'adah, N. (2022). Persepsi generasi Z terhadap fitur Tiktok Shop pada aplikasi Tiktok. Transekonometrika: Akuntansi, Bisnis dna Keuangan , 132.

Statistik, B. P. (2021, Desember 14). Direktori Sentra Industri Indonesia 2020.

Supriadi, S. W. (2013). Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Sutrisno. (2022). Persepsi Terhadap Aplikasi Tiktok Atas Dasar Gender Dan Dampak Yang Ditimbulkan Pada Kegiatan Promosi. Jurnal Bina Manajemen , 19.

Triyono, A. D. (2018). Pemanfaatan Blackberry Sebagai Sarana Komunikasi dan Penjualan Batik Online Dengan Sistem Dropship di Batik Solo 85. JOurnal Sped Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi , 33.

Tumer. (2018). Generation Z: Technology and social interest. The Journal of Individual Psychology , 104.

Yuliana, O. Y. (2020). Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Keuangan , 44.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Wanmelia Gusdini, Shinta Mawadda, Dewianna Sari Harahap, & Purnama Ramadani Silalahi. (2023). PENINGKATAN PENDAPATAN SENTRA INDUSTRI KERIPIK UBI MELALUI TIKTOK SHOP. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 10–19. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.666

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)