Evaluasi Dana Csr Pt Semen Baturaja Dalam Pemberian Bantuan Untuk Korban Bencana Gempa Cianjur

Authors

  • Muhamad Fadlan Alhamid Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia
  • Ahmad Saifudin Mutaqi Arsitektur Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.917

Keywords:

Gempa Cianjur, Bantuan Bencana alam, CSR

Abstract

Berbagai permasalahan terjadi di Indonesia, sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri atau memang disebabkan oleh bencana alam. Maka dari itu peran-peran manusia atau sebuah organisasi turut andil dalam menangani permasalahan di Indonesia. CSR  merupakan komitmen usaha untuk beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dan tanggung jawab kemitraan dari karyawan dan keluarganya, pemerintah, perusahaan komunitas lokal, dan komunitas luas. CSR dapat melakukan dengan pemberdayaan masyarakat setempat secara nyata yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Contoh salah satu yang di implementasikan yaitu pemberian bantuan untuk korban bencana gempa cianjur yang dilakukan oleh PT Semen Baturaja. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengevaluasi apakah program bantuan untuk korban bencana gempa cianjur ini berdampak baik pada masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif, yang dimaksudkan untuk menguji masalah secara lebih mendalam dan komprehensif. Ini mengacu pada cara mempelajari aspek kualitatif kehidupan sosial, mencakup berbagai dimensi sosial dari Tindakan dan keadaannya terhadap proses dan peristiwa, yang didasarkan atas konstruksi dan makna yang diorganisir oleh praktik social terkait masalah utama.

Author Biographies

Muhamad Fadlan Alhamid, Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Ahmad Saifudin Mutaqi, Arsitektur Universitas Islam Indonesia

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

References

Hohnen, P., & Potts, J. (2007). Corporate Social Responsibility an Implementation Guide for Business. Manitoba, Canada: International Institute for Sustainable Development.

Marnelly, T. (2012). Corporate Social Responsibility Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Jurnal Sosiologi, 49 - 59.

Prasodjo, E. (2004). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik.

PT.Semen Baturaja. (2022, November 24). Tanggap Bencana - Semen Baturaja Berikan Bantuan Untuk Korban Bencana Gempa Cianjur. Diambil kembali dari PT.Semen Baturaja Tbk: https://semenbaturaja.co.id/tanggap-bencana-semen-baturaja-berikan-bantuan-untuk-korban-bencana-gempa-cianjur/

Suryani, A., & Herianti, E. (2015). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Koefisien Respon Laba dan Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang telah Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jambi: Universitas Batang Hari Jambi.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Alhamid, M. F., & Mutaqi, A. S. (2023). Evaluasi Dana Csr Pt Semen Baturaja Dalam Pemberian Bantuan Untuk Korban Bencana Gempa Cianjur. JURAL RISET RUMPUN ILMU TEKNIK, 2(1), 122–130. https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.917

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.