Studi Literatur Aspek Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT. ANTAM, Tbk.

Authors

  • Asri Utami Universitas Islam Indonesia
  • Ahmad Saifudin Mutaqi Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.901

Keywords:

CSR, Program Kemitraan, Komunitas Lokal, Pemberdayaan, Stakehold

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) penting untuk dilakukan oleh perusahaan terutama oleh perusahaan yang kegiatan operasinya memiliki dampak negatif pada masyarakat dan lingkungan sekitar. CSR dianggap penting karena pada kenyataannya ada perusahaan yang memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan masyarakat (konflik) karena masyarakat atau masyarakat setempat terganggu oleh kegiatan perusahaan itu. Namun, selain itu ada perusahaan yang memiliki hubungan tidak harmonis, ada juga perusahaan yang memiliki hubungan yang cukup harmonis dengan masyarakat karena perusahaan telah menerapkan CSR dengan baik.

Implementasi CSR dilakukan sebagai bukti fenomena tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini memberikan gambaran tentang pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan PT. Antam, Tbk. diulas dalam literatur dari aspek ekonomi, sosial, dan isu lingkungan. Realisasi tanggung jawab sosial dibidang ekonomi diwujudkan PT. Antam, Tbk. dengan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan sosial, selain memberikan kontribusi kepada Pemerintah melalui pembayaran pajak, royalti, dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) lainnya, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Upaya untuk memerangi kemiskinan di wilayah operasional Perusahaan diwujudkan dalam Program Kemitraan (PK). Program ini berfokus pada komunitas pemberdayaan ekonomi dengan penyediaan bisnis bantuan modal dan/atau modal investasi. PT. Antam, Tbk. memegang pandangan bahwa CSR itu penting karena selain membangun citra positif bagi perusahaan, juga dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat sehingga ada hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat karena masyarakat adalah bagian dari pemangku kepentingan Antam.

References

Abiodun, B.Y. (2012). The Impact of Corporate Social Responsibility on Firm’s Profitability in Nigeria. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences, Issue 45.

Chauhan, Swati. (2014). A Relational Study of Firm’s Characteristics and CSR Expenditure. Procedia Economics and Finance 11.

Choi, J.S., Kwak, Y.M., and Choe, C. (2010). Corporate Social Responsibility and Corporate Financial Performance: Evidence from Korea. Australian Journal of Management, 35, 291-311.

Epstein, M.J., and Freedman, M. (1994). Social disclosure and the individual investor.

Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 7: 94-109

Mcwilliam, A., and Siegel, D. (2000). Corporate Social Responsibility and Financial Performance: Correlation or Misspecification? Management Journal, Vol. 21, No. 5, pp. 603-609.

Mulyadi,M.S., Anwar,Y. (2012). Impact of Corporate Social Responsibility Toward Firm Value and Profitability. The Business Review, Cambridge, Vol.2, No. 9.

Peter, Brabeck Letmathe. (2009). The Nestle Concepts of Corporate Social Responsibility: as implemented in Latin America.

Rudito, Bambang, dkk. (2007). Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Bandung : Rekayasa Sains.

Toutsoura, M. (2004). Corporate Social Responsibility and Financial Performance.

University of California, Berkeley.

Utama, Sidharta. (2007). Evaluasi Infrastruktur Pendukung Pelaporan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan di Indonesia. http://www.ui.edu. Diakses tanggal 17 Februari 2015.

Wibisono. Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility. Gresik: Fascho Publishing.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Asri Utami, & Ahmad Saifudin Mutaqi. (2023). Studi Literatur Aspek Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT. ANTAM, Tbk. JURAL RISET RUMPUN ILMU TEKNIK, 2(1), 77–91. https://doi.org/10.55606/jurritek.v2i1.901

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.