DINAMIKA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) TUNAS GIRI MAKMUR DI KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA

Authors

  • Indah Dwi Kharisma Universitas Mulawarman
  • Said Abdusysyahid Universitas Mulawarman
  • Fitriyana Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrish.v2i1.602

Keywords:

Dinamika Kelompok, Pokdakan, Budidaya Ikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dinamika kelompok pembudidaya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 11 responden. Metode analisis yang digunakan adalah skala Likert untuk mengetahui tingkat dinamika kelompok pembudidaya ikan Tunas Giri Makmur di Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat dinamika kelompok pembudidaya ikan Tunas Giri Makmur pada setiap indikator: tujuan kelompok, struktur kelompok, fungsi dan tugas kelompok, kesatuan dan kekompakan kelompok, pengembangan dan pemeliharaan kelompok, suasana kelompok, ketegangan kelompok, keefektifan kelompok, berada pada katagori tinggi dan sedangkan indikator Maksud tersembunyi pada katagori sedang. Secara akumulasi keseluruhan tingkat dinamika kelompok pembudidaya ikan pokdakan tunas giri makmur pada katagori tinggi dengan nilai skor 70,13. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kelompok pembudidaya tunas giri makmur tidak sealalu dalam kondisi statis, tetapi berada dalam kondisi dinamis yang dapat berubah dalam kehidupan kelompok.

References

Badan Pusat Statistik (BPS). 2019. Monografi Kota Samarinda. Kota Samarinda.html

Dinas Perikanan Kota Samarinda. 2019. Profil Kelompok Perikanan Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Tunas Giri Makmur. Kota Samarinda. SATMINKAL Tegal

Hezron, 2019. Dinamika Kelompok Petambak Ikan Bandeng (Chanos chanos forks) Di Desa Saliki Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kartanegara. Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman Samarinda. (Tidak dipublikasikan).

Kelurahan Lempake. 2021. Monografi Kelurahan Lempake Keadaan Bulan Januari Sampai Dengan Juni Tahun 2021. Monografi Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara.

Sugiyono. 2002. metode penelitian bisnis. bandung alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Indah Dwi Kharisma, Said Abdusysyahid, & Fitriyana. (2022). DINAMIKA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) TUNAS GIRI MAKMUR DI KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 2(1), 01–11. https://doi.org/10.55606/jurrish.v2i1.602