PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Authors

  • Michael Purba Universitas Negeri Medan
  • Glory Purba Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.829

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Model Problem Based Learning (PBL) Kemampuan Penalaran Matematiis Siswa, Statistika.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Problem Based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model pengembangan atau R&D ( Research and development). Subyek penelitian ini sebanyak 30 orang peserta didik di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Doloksanggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan adalah : (1).Valid dengan indikator penilaian aspek kelayakan isi memproleh nilai presentase 91,79% dengan kategori sangat valid, indikator penelitian berupa aspek penyajian materi memproleh nilai presentase sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan dan nilai presentase sebesar 90% dengan kategori sangat valid dan aspek kegrafikan dengan nilai presentase sebesar 97,03% dengan kategori sangat valid, serta validitas LKPD secara keseluruhan memproleh nilai presentase 94,16% dengan kriteria sangat valid, (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan aspek keefektifan. Keefektifan diproleh dari hasiil ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 84,33% sehingga secara klasikal telah memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan dan siswa yang tuntas belajar dengan presentase 86,66% yang termasuk dalam kategori tuntas. (3) LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang mencakup 4 indikator, pada indikator pertama 93% indikator kedua 86% indikator ketiga 81% dan indikator keempat 78%. Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari uji coba pretest dan uji coba posttest.

References

Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perc. Edira

Pradipta, D. D. dan Kustijono, R. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). Vol. 6, No. 2: 231-236, ISSN: 2302-4496.

Pribadi. dan Benny, A. (2016). Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.

Shahiq, Fadjar. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Shoimin, Aris., (2016): Model Pembelajaran Inofatif dan Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-Ruzz Media.

Siregar, N. R. (2017). Presepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. Studi Pendeahuluan pada siswa yang menyaingi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. ISBN: 978-602-1145-49-4. Hal. 224-232

Sugiyono, (2015). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sumartini, S., T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5 No. 1

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran MAtematika Siswa Dalam Pelajaran MAtematika. Disertasi doctor pada PPS IKIP Bandung. Tidak dipublikasikan Ulasan Fitriana (2019)

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Michael Purba, & Glory Purba. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 84–98. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.829

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.